Diperkirakan 90% Penderita HIV/AIDS di Provinsi Gorontalo Belum Terdeteksi

01/12/2019 23:40 0 By admin

Hulondalo.id – Penderita HIV/Aids di Provinsi Gorontalo terus meningkat tiap tahunnya. Ironisnya, sikap penderita yang tertutup karena takut terbuang dari lingkungannya, membuat petugas kesulitan mendata penderita penyakit mematikan ini.

“Saat ini sudah tercatat ada 521 yang terdeteksi virus HIV Aids di Provinsi Gorontalo. Catatan ini hanya merupakan bagian 10% dari 90% orang yang tidak terdeteksi oleh Komisi Penanggulangan Aids (KPA)”. Kata Asisten 3 Bidang Pemerintahan Provinsi Gorontalo Sukril Gobel, saat membuka kegiatan peringatan Hari AIDS Sedunia, Minggu (1/12/2019) di rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

Dalam upaya meminimalisir penyebaran virus ini, Sukril Gobel berharap Gorontalo bisa mencapai Three zero HIV yaitu Zero AIDS Related Deaths, Zero New HIV Infection and Zero Discrimination.
“Kasus ini seperti fenomena gunung es yang memerlukan perhatian bersama”, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Asistensi KPA Idah Syahidah Rusli Habibie berpesan agar masyarakat khususnya yang ada di Gorontalo, terus menjaga kesehatan dan tidak terlibat dalam hal hal menyimpang, yang bisa berakibat terdampak virus mematikan ini.

Peringatan hari Aids di Provinsi Gorontalo, Ahad (1/12/2019).

“Saya menghimbau kepada teman-teman yang telah terkena agar tetap konsisten melakukan pengobatan karena HIV AIDS dapat ditekan penyebarannya” ucap Idah.

Kepada yang terkena juga, kata Idah, hidup itu indah, tetap bekerja sebagaimana biasa karena masih banyak orang-orang yang mencintai, ada anak-anak, isteri dan suami serta orang tua yang selalu menaruh harapan kepada teman-teman sekalian.

Terakhir, Idah berharap pada yang hadir di peringatan Hari AIDS Sedunia ini dapat mensosialisasikan dan menyebarkan informasi tentang HIV AIDS agar Gorontalo bisa mencapai Three Zero. (rinto)