Dishub Kabupaten Gorontalo Terus Berbenah, Menuju Akreditasi UPUBKB

Dishub Kabupaten Gorontalo Terus Berbenah, Menuju Akreditasi UPUBKB

08/09/2021 12:15 0 By Maman

MoU Dishub Kab Gorontalo

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menandatangani Kerjasama Balai Pengelolaan Tranportasi Darat (BPTD) Wilayah XXI Provinsi Gorontalo. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo terus berbenah, menuju Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB). Upaya ini salah satunya melakukan kerjasama dengan Balai Pengelolaan Tranportasi Darat (BPTD) Wilayah XXI Provinsi Gorontalo.

Kerjasama tersebut, ditandai dengan penandatanganan MOU/PKS peningkatan akreditasi UPUBKB dan alat Axle Load. Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, MoU dengan BPTD Wilayah XXI Provinsi Gorontalo ini dalam rangka uji kendaraan. Dalam MOU tersebut BPTD meminjamkan alat uji kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo.

“Kita itu sudah mempunyai gedung dan peralatan, dan ini harus dinaikan akreditasinya, sebelumnya mendapatkan akreditasi C,” kata Bupati, Selasa (07/09/2021).

Dengan dinaikkannya akreditasi maka kata Bupati, akan berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terlebih jumlah kendaraan di Kabupaten Gorontalo jumlahnya cukup banyak.

“Kami berharap akreditasinya A, sehingga uji kendaraan lebih berkualitas serta terpercaya, dan pastinya PADpun ikut naik,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kabid Lalulintas, Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo, Sartika Dau menuturkan, akreditasi merupakan syarat utama untuk melakukan pengujian terhadap kendaraan bermotor. Sebagaimana ditentukan oleh Kementerian Perhubungan.

“Kerjasama ini sebagai bentuk upaya kami agar, kantor uji kendaraan bermotor naik level dari akreditasi C ke B hingga ke akreditasi A,” pungkas Sartika. (Pin/Adv)