Diskominfotik-BPS Gorontalo Dorong Aktifkan Forum Data secara Intensif

Diskominfotik-BPS Gorontalo Dorong Aktifkan Forum Data secara Intensif

17/09/2019 20:47 0 By Alex

Rapat Forum Data yang digelar di kantor BPS Provinsi Gorontalo, Selasa (17/9/2019).

Hulondalo.id – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) bekerjasama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mendorong secara intensif untuk mengaktifkan forum data dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia.

Hal itu terungkap pada rapat Forum Data yang digelar di kantor BPS Provinsi Gorontalo, Selasa (17/9/2019).

Rapat yang dibuka Plt Kepala Diskominfotik Provinsi Gorontalo Jamal Nganro menghadirkan narasumber Kepala BPS Provinsi Gorontalo Herum Fajarwati, Kepala Bidang Desiminasi Statistik BPS Provinsi Gorontalo, Rudi Cahyono yang dipandu oleh Kepala Bidang Statistik, Diskominfotik Provinsi Gorontalo Fatma Biki sebagai moderator.

Sebelumnya, Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

Kepala BPS Provinsi Gorontalo yang juga Pembina Wali Data meminta secara intensif untuk mengaktifkan forum data tingkat provinsi dan kabupaten/kota, demi terwujudnya Satu data yang valid, transparan, reliabel dan akuntabel sebagai implementasi pelaksanaan Peraturan Presiden Satu Data Indonesia.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Statistik, Diskominfotik Provinsi Gorontalo Fatma Biki menyampaikan bahwa ada beberapa rumusan yang menjadi komitmen anggota Forum Data di tingkat provinsi, kabupaten/kota dalam mensinergikan data sektor dan interoperabilitas ke data statistik dasar melalui aplikasi SIMDASI.(adv/alex)