Diskominfotik Gelar Pertemuan dengan Anggota KIM Kabupaten Gorontalo

Diskominfotik Gelar Pertemuan dengan Anggota KIM Kabupaten Gorontalo

25/03/2021 22:06 0 By Alex

KIM

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo saat menggelar kegiatan penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kamis (25/3/2021). (F. Leisya)

Hulondalo.id – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo kembali memberi penguatan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di di Ballroom Hotel Aziziya, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (25/3/2021).

Kepala Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Masran Rauf mengatakan, KIM merupakan wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarakat, yang dapat mengakses informasi dari berbagai sumber baik langsung maupun tidak langsung.

KIM juga telah diarahkan untuk mengembangkan nilai tambah di bidang ekonomi.

Masran berharap, anggota masyarakat yang tergabung dalam KIM dapat memberikan saran-saran kepada pemerintah tentang apa yang harus dibangun dan diperbaiki sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

“Dengan demikian di setiap kecamatan, kota dan kabupaten, perlu dibentuk KIM ini yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota dengan pemerintah atau sebaliknya. Pada gilirannya, anggota KIM diharapkan menjadi agen pembangunan yang menyebarluaskan gagasan pembangunan Nasional ke tingkat lokal,” kata Masran.

Sebelumnya, Kepala Bidang IKP, Zakiya Basarewan menyampaikan, kegiatan KIM ini rutin dilaksanakan setiap tahun yang memiliki tujuan agar setiap daerah lebih mengembangkan potensi yang ada.

“Contohnya saat ini KIM di Kabupaten Gorontalo sudah berjalan dan diharapkan Diskominfo Kabupaten bisa memberi support khusus dalam penyebarluasan informasi,” kata Zakiya.

Pada pertemuan itu dihadiri 70 peserta yang terdiri dari perwakilan kelompok KIM yang tersebar di 19 kecamatan se Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan di mana sebelum masuk ke lokasi acara seluruh peserta diukur suhu, mencuci tangan, tetap memakai masker dan menjaga jarak.(adv/alex)