Diskominfotik Gorontalo Dorong PPID Terus Sebarkan Informasi Publik

Diskominfotik Gorontalo Dorong PPID Terus Sebarkan Informasi Publik

03/05/2019 11:20 0 By Alex

PPID Gorontalo

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Triwulan I kegiatan PPID yang diprakarsai oleh Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Jumat (3/5/2019).

Hulondalo.id – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, Rifli Katili untuk terus mendorong Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) menyebarkan informasi publik.

“Saat ini sebaran informasi publik dari OPD sudah semakin baik. Ini karena semakin aktifnya PPID di setiap OPD,” ungkap Kepala Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Rifli Katili pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi Triwulan I kegiatan PPID di Tic Tok Cafe, Kabupaten Gorontalo Utara, Jumat (3/5/2019).

Dikatakan Rifli, bahwa saat ini setiap dinas, badan hingga kantor mulai bersemangat, bahkan berlomba-lomba untuk mempublikasikan program kegiatan, data maupun informasinya dengan memanfaatkan web baik yang ada di masing-masing OPD, Diskominfotik maupun Biro Humas dan Protokol.

Adapun beberapa OPD yang dinilai aktif dalam informasi publik, diantaranya Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas PUPR, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Badan Kesbangpol serta Badan Penghubung Provinsi Gorontalo. Selebihnya, Kepala Diskominfotik meminta agar OPD bisa segera mengaktifkan PPID yang ada di instansinya.

“Memang belum semua aktif, tapi makin ada kesadaran khususnya dari pimpinan OPD tentang pentingnya keterbukaan informasi publik. Prinsip PPID itu ‘kan melayani permintaan data dari masyarakat, ini kaitannya dengan UU No 14 Tahun 2008. Kedua, kami tambahkan dengan penyebarluasan informasi publik atau semacam humas di tiap OPD,” kata Rifli.

Kedepan, dia pun meminta agar OPD fokus mengumpulkan dan menyimpan data-data penting di setiap OPD, mulai dari proses perencanaan, pekerjaan dan evakuasi. Bukan saja untuk kebutuhan permintaan masyarakat tapi juga untuk kepentingan publikasi.

“Jadi misalnya di Dinas PMD Dukcapil yang salah satunya menangani Dana Desa. Berapa data Dana Desa untuk Provinsi Gorontalo per tahunnya? Kecendrungannya naik atau turun? Digunakan untuk apa saja? Ini perlu untuk didokumentasikan sekaligus dipublikasikan kepada masyarakat,” pintanya.

Kedepan pula, pihaknya akan menggandeng Biro Humas dan Protokol untuk lebih mengintensifkan publikasi kegiatan OPD melalui media massa dan media online.(usman)