Dispar Bikin Festival Tumbilotohe hingga Lomba Beduk, Ini Syaratnya

Dispar Bikin Festival Tumbilotohe hingga Lomba Beduk, Ini Syaratnya

24/05/2019 22:33 0 By Alex

Ilustrasi tumbilotohe (istimewa)

Hulondalo.id – Untuk lebih menyemarakkan Ramadhan tahun ini, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo akan menyelenggarakan sejumlah festival yang sejatinya merupakan sebuah tradisi yang sudah mengakar bagi masyarakat Gorontalo.

Sebut saja festival Tumbilotohe, bunggo atau meriam bambu, hingga lomba beduk. Sejatinya, sejumlah festival ini sudah seringkali diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo. Namun, tahun ini akan dibuat lebih berbeda.

Menurut Kepala Bidang Promosi, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Ivone Larekeng, bahwa sejatinya tahun ini pihaknya memprioritaskan festival beduk yang akan digelar di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo.

“Festival Beduk sendiri, kami sudah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menyemarakkannya,” ujar Ivone.

Bicara festival beduk, pihaknya membuka 3 kategori, yaitu untuk umum, pelajar dan untuk SKPD kabupaten/kota dan provinsi. Sementara untuk jurinya, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo akan melibatkan akademisi UNG, Kementerian Agama, dan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Sementara untuk festival Tumbilotohe, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo juga akan melombakannya.

“Penilaian untuk festival Tumbilotohe, untuk lampu ala tradisional penilainnya 70%. Dan untuk lampu listrik penilaiannya 30%, serta diprioritaskan dalam penilaian festival Tumbilotohe antara lain, Tohe Tutu, Tonggulo Opo, Arkus dan Padamala,” jelas mantan Kabid AMDAL ini.

Dan untuk memperoleh nilai plus, peserta diharapkan menampilkan aktraksi bunggo (meriam bambu), untuk menambah nilai tradisional. Khusus di Kota Gorontalo, mewakili festival Bunggo untuk wilayah Kota Gorontalo dipusatkan di lapangan Padebuolo, Kecamatan Kota Timur. Sementara di wilayah Kabupaten Gorontalo, difokuskan di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru.(Tri/4)