Dispepsia yang Diderita Hapsa Tertanggung Berkat Program JKN-KIS

Dispepsia yang Diderita Hapsa Tertanggung Berkat Program JKN-KIS

03/05/2021 14:28 0 By Syakir

Hulondalo.id – Tahun 2020 menjadi tahun yang sangat sulit dijalini bagi seorang Hapsa Nuayi (41 tahun). Dalam menjalankan aktifitas hari-hari nya, Hapsa harus menahan rasa sakit karena mengidap Dispepsia atau sindrom yang menganggu sistem pencernaan pada bagian lambung nya itu.

Pada Senin (08/03) Hapsa berkesempatan untuk menceritakan bagaimana dirinya berjuang melawan keluhannya tersebut kepada tim Jamkesnews BPJS Kesehatan Gorontalo.

Hapsa mengatakan penyakitnya itu dimulai pada awal tahun 2020 lalu, dirinya mengeluhkan rasa sakit seperti perut terasa penuh atau merasakan kembung di setiap harinya.

Dirinya pun memeriksakan kesehatannya tersebut ke fasilitas kesehatan, tiba nya disana Hapsa dikatakan oleh Dokter menderita sindrom Dispepsia atau gangguan pada sistem pencernaannya yang ada dibagian Lambung.

“Waktu tahun lalu itu kerasa bagian dalam perut tersasa kembung terus, akhirnya langsung berobat dan dibilang Dokter ini Dispepsia,” kata Hapsa.

Hapsa yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2015 ini mengungkapkan dirinya langsung mendapatkan tindakan medis dari pihak rumah sakit setelah mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan pertamanya,

“Setelah dari faskes satu saya langsung dibawa ke Rumah Sakit Siti Khadijah untuk tindakan lebih lanjut, disanalah saya mendapatkan pengobatan lebih lengkap untuk dispepsia yang saya alami ini,” ungkap Hapsa.

Dirinya menambahkan pada saat waktu pengobatan di rumah sakit tersebut, Hapsa yang datang bersama keluarganya cukup menunjukan surat rujukan disertai dengan menunjukan kartu peserta JKN-KIS nya saja. Proses nya pun sangat cepat, dirinya langsung mendapatkan perawatan dengan baik oleh pihak rumah sakit tersebut.

“Mudah cukup, kasih surat keterangan di rujuk dan kartu JKN-KIS saya langsung ditangani oleh Rumah Sakit Siti Khadijah, prosesnya cukup cepat,” tambah Hapsa.

Kebermanfaatan sebagai seseorang yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sangat dirasakan bagi Hapsa, sampai saat ini dirinya masih sering memeriksakan kondisi perkembangan kesehatannya tersebut ke fasilitas kesehatannya. Dengan sudah

terdaftarnya Hapsa sebagai peserta JKN-KIS Hapsa sudah tidak lagi memikirkan biaya yang timbul akibat pengobatannya tersebut. Dirinya pun berterima kasih karena berkat Program JKN-KIS ini Hapsa bisa melewati tahun yang sulit itu. (Iu/yf)