Distribusi Pupuk di Kabupaten Gorontalo, Nasir: Evaluasi Perlu Dilakukan

Distribusi Pupuk di Kabupaten Gorontalo, Nasir: Evaluasi Perlu Dilakukan

11/02/2020 08:50 0 By Maman

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo Nasir Potale.

Hulondalo.id – Berbagai persoalan dilapangan terkait distribusi pupuk disampaikan Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, dalam rapat kerja bersama instansi terkait.

Sulitnya mendapatkan pupuk, distribusi yang belum merata hingga penyaluran yang dinilai tak tepat sasaran, terungkap dalam raker bersama distributor pupuk dan UD. Tani Makmur.

Ketua Komisi DPRD Kabupaten Gorontalo Nasir Potale mengatakan. distribusi pupuk belum merata sebagaimana kondisi yang ada dilapangan. Beberapa pengecer, ada yang memperjualbelikan pupuk.

“Ini butuh ketegasan, jika ada yang penyalur yang bermain curang, selain diberikan peringatan, bisa saja izinnya dicabut,” ungkap Nasir.

Dia berharap, distributor bisa memberikan arahan kepada pengecer atau penyalur pupuk ini, dalam pendistribusian pupuk. Politisi Partai Demokrat ini juga berharap, pengecer tidak berpihak pada kawasan tertentu saja.

Evaluasi juga perlu dilakukan terhadap para pengecek pupuk, menindak lanjuti apa yang terjadi dilapangan. Agar kata Nasir, pupuk ini bisa terdistribusi secara maksimal kepada petani.

Tak jauh berbeda disampaikan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo Jasmia Suleman.

“Misalnya di Limboto, ada keluhan dari petani, saat musim tanam tiba, pupuk tidak ada, disisi lain pupuk sangat dibutuhkan, khususnya pupuk urea dan ponstan,” kata Jasmia.

Dia meminta, persoalan tersebut bisa diseriusi diantaranya dengan menambah jumlah pemasok pupuk. Sebab, ada juga lahan perkebunan yang tidak termasuk dalam kelompok. Mereka juga perlu diakomodir, lantaran pupuk non subsidi mahal harganya. (Ika/Adv)