Distribusi Pupuk Subsidi Diminta Diatur, Tahir Badu: Harus Tepat Sasaran

Distribusi Pupuk Subsidi Diminta Diatur, Tahir Badu: Harus Tepat Sasaran

28/06/2021 20:18 0 By Jeffry

Hulondalo.id – Distribusi pupuk bersubsidi bagi petani di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) diminta diatur agar tak memicu permasalahan di masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya para petani banyak mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi di setiap musim tanam tiba.

Masalah ini pun mendapat perhatian serius dari Ketua Komisi III Tahir Badu. Dirinya meminta dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian untuk dapat melakukan pengecekan dan memastikan pupuk subsidi tersedia.

“Ketersediaan stok pupuk ini diharapkan harus disesuaikan dengan permintaan masyarakat. Dan sesuai RDKK, kebutuhan pupuk kita kurang lebih 3000 TON, hanya saja yang kita dapatkan hanya 1200 Ton,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pertanian, Senin (28/6/2021).

Disamping itu, Tahir juga berharap penyaluran pupuk bersubsidi ini diatur dan harus merata serta tepat sasaran.

“Jika hal ini dapat disikapi, maka penyalurannya bisa merata sesuai harapan bersama. Untuk mewujudkan hal ini, maka dinas terkait diharapkan dapat mengatur distribusi pupuk bersubsidi yang disalurkan pemerintah,” tegasnya.

Selain itu, dirinya meminta dinas teknis terkait dapat melakukan evaluasi kelompok tani guna mencegah terjadinya penyimpangan didalamnya. Dalam artian terdapat kecurigaan terhadap anggota kelompok yang berstatus PNS maupun pensiunan yang dinilai masih mampu untuk membeli pupuk non subsidi itu.

“Kami minta dinas terkait dapat melakukan evaluasi dan juga validasi terhadap kelompok tani. Jika kedapatan ada yang masuk didalamnya, maka diharapkan segera dikeluarkan dari kelompok tersebut dan segera memasukan nama baru yang tidak mampu membeli pupuk non subsidi,” tandasnya. (Jeff/Adv)