Ditinggal Ngopi, Tempat Pembuatan Batu Bata Terbakar

Ditinggal Ngopi, Tempat Pembuatan Batu Bata Terbakar

04/03/2019 13:30 0 By Alex

kebakaran limboto

Petugas pemadam kebakaran saat sedang berusaha memadamkan api di pondok pembakaran batu bata di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Hulondalo.id – Jelang sholat subuh, warga Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, dikejutkan dengan peristiwa kebakaran yang terjadi di salah satu tempat usaha pembuatan batu bata, Senin (4/3/2019).

Kejadiannya sekitar pukul 04.55 Wita. Sebelum kejadian, Sigar Umar (56) pengelola usaha pembuatan batu bata mulai ngantuk. Mungkin karena begadang semalaman. Sigar pun ingin mengambil kopi di rumahnya yang kebetulan tidak terlalu jauh dari tempat usaha batu bata tersebut. Padahal saat itu Sigar sedang menyalakan api untuk proses pembakaran batu bata.

Belum secangkir kopi hitam dihabiskan, Sigar melihat api dari tungku pembakaran malah sudah menjadi raksasa. Di situlah Sigar panik dan warga sekitar yang mendengar suara histeris langsung berusaha memadamkan api. Api yang sudah membesar pun tidak bisa dikendalikan sehingga masyarakat setempat langsung menghubungi piket pemadam kebakaran (Damkar).

Sekitar 3 menit kemudian, 3 unit mobil damkar tiba di lokasi. Petugas langsung berusaha memadamkan kobaran api yang sudah membesar itu. Hampir 1 jam kemudian, api berhasil dipadamkan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada peristiwa tadi subuh itu. Kerugiannya hanya pondok batu bata itu saja yang terbakar,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku melalui Kepala UPTB Damkar, Farid Taha.

Setelah selesai melakukan pendinginan dan memeriksa kemungkinan titik api di wilayah sekitar, petugas Damkar pun kembali mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pencegahan dini kebakaran. Selain itu, masyarakat juga diberikan nomor piket 24 jam Damkar BPBD Kabupaten Gorontalo.(alex)