Ditolak Warga, Ekwan Ahmad “Selamatkan” Jenazah PDP di Kota Gorontalo

Ditolak Warga, Ekwan Ahmad “Selamatkan” Jenazah PDP di Kota Gorontalo

23/05/2020 01:08 0 By Jeffry

Proses penguburan seorang PDP di Kelurahan Dulomo Selatan Kota Gorontalo, Jumat (22/5/2020). (F.Jeffry)

Hulondalo.id – Seorang warga pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal di RS Aloei Saboe, yang sempat di tolak warga akhirnya berhasil di kuburkan di Kelurahan Dulomo Selatan Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo Jumat ( 22/5/2020).

Terinformasi, pasien yang berinisial AC (56) tersebut meninggal akibat riwayat penyakit TBC dan liver sekitar pukul 05.30 Wita. Setelah sebelumnya menjalani perawatan di RS Aloei Saboe akibat keluhan sakit liver.

Dari informasi yang dihimpun, pasien yang merupakan warga kelurahan Tenda Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo tersebut dimakamkan sesuai protokol covid-19.

Namun, sebelum dikuburkan, 1 PDP tersebut sempat mengalami penolakan dari 4 kelurahan di Kota Gorontalo. Masing- masing kelurahan Dembe 1, Kelurahan Tamalate, Kelurahan Tenda dan Kelurahan Donggala.

Dari hasil negosiasi yang cukup alot, akhirnya Warga tersebut pun berhasil di makamkan sekitar pukul 23.50 Wita setelah difasilitasi seorang Aleg DPRD Kota Gorontalo Ekwan Ahmad.

“Setelah melakukan koordinasi dengan seluruh forkopimda, saya berinisiatif untuk menguburkan jenazah di pekuburan keluarga. Kasian jenazah tersebut meninggal sejak tadi pagi dan baru bisa dikuburkan sekarang,” ujar Ekwan Ahmad.

Dirinya pun tak menampik, warga yang berada di sekitar, sebelumnya sempat merasa khawatir adanya penguburan jenazah PDP tersebut.

“Saya sudah jelaskan dan memberikan pemahaman juga kepada masyarakat, dan akhirnya mereka juga mengerti. Semoga ini bisa menjadi amal jariah bagi kita semua,” harapnya.(Jeff)