DKP Akan Bangun Rumah Penyu Tahun Ini Juga

DKP Akan Bangun Rumah Penyu Tahun Ini Juga

03/03/2019 09:01 0 By Alex

konservasi penyu

Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo, Sutrisno saat meninjau konservasi penyu pada kelompok konservasi Sinar Penyu di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara.

Hulondalo.id – Dalam rangka mendukung konservasi penyu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo akan membantu pembangunan rumah penyu yang representatif di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) tahun ini juga.

Menurut Kepala DKP Provinsi Gorontalo, Sutrisno, bahwa rumah penyu tersebut tidak hanya mendukung konservasi penyu saja, melainkan pula sebagai pusat informasi penyu, edukasi hingga wisata konservasi.

“Kami telah menganggarkan melalui DAK (Dana Alokasi Khusus) Tahun 2019 sebesar Rp 140 Juta. Rencananya akan dibuat rumah penyu ukuran 6×8 meter yang lebih permanen,” ungkap Sutrisno, saat kegiatan Penguatan dan Pembinaan Kelompok Konservasi di Dusun III Desa Monano, Sabtu (2/3/2019).

Sebelumnya, sejak tahun 2015 Desa Dunu sudah menjadi salah satu desa yang menjadi tempat konservasi penyu dan sudah dibentuk kelompok konservasi yang bernama “Sinar Penyu”. Namun rumah penangkaran yang dibangun Tahun 2015 itu masih semi permanen sehingga sudah rusak dan perlu dibangun kembali.

Diakui Sutrisno, kelompok konservasi Sinar Penyu cukup produktif. Tahun 2018, sedikitnya 580 ekor penyu yang dirawat hingga dilepas ke laut.

Olehnya, rumah penyu diharapkan Sutrisno dapat meningkatkan produktivitas penangkaran telur penyu. Telur ditetaskan dan diambil bibitnya, dirawat serta dilepas ke laut jika sudah berumur 6 bulan.(usman)