DLHK Gorontalo Harap Desa Butu Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah 3R

DLHK Gorontalo Harap Desa Butu Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah 3R

20/02/2020 20:00 0 By Alex

sosialisasi pengelolaan sampah melalui program Reduse, Reuse dan Recycle (3R) yang digelar di Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis (20/2/2020).

Hulondalo.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Gorontalo kembali melaksanakan sosialisasi tentang pengelolaan sampah melalui program Reduse, Reuse dan Recycle (3R) yang digelar di Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis (20/2/2020).

Dikatakan Kepala DLHK Provinsi Gorontalo Fayzal Lamakaraka, sosialisasi tersebut untuk mendukung pengelolaan sampah yang baik untuk menekan produksi sampah yang dihasilkan masyarakat.

“Jumlah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Gorontalo semakin meningkat seiring dengan peningkatan kesejahteraan yang berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan hidup,” jelas Fayzal.

Dengan pengelolaan sampah melalui pendekatan berbasis 3R berbasis masyarakat dan pengelolaan sampah secara terpadu dengan melaksanakan pengelolaan sejak dari sumbernya.

“Saya berharap Desa Butu akan menjadi Desa Perontohan dalam Program Pengelolaan Sampah yang baik dan benar melalui Program 3R, sehingga desa-desa terdekat akan dapat belajar di desa ini,” harap Fayzal.

Terpisah, Kepala Desa Butu Astin Abdulah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada DLHK Provinsi Gorontalo yang telah melaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah melalui Program 3R.

“Setelah kegiatan ini, saya berharap masyarakat dapat mengaplikasikan pengelolaan sampah dengan baik di lingkungan sendiri, melalui pengembangan dan inovasi pengelolaan lingkungan,” kata Astin.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari para Kepala Desa se-Kecamatan Tilongkabila, tokoh masyarakat, kelompok wanita tani dan masyarakat setempat.(adv/alex)