Dorong Pelibatan Aktif Inspektorat, Awasi Pembangunan di Daerah

Dorong Pelibatan Aktif Inspektorat, Awasi Pembangunan di Daerah

22/05/2021 15:50 0 By Syakir

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin.

Hulondalo.id – Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan, pentingnya pelibatan secara aktif inspektorat dalam mengawal setiap realisasi pembangunan di daerah. Hal itu diutarakannya, usai menghadiri rapat (Rakor) pengawasan internal dan pembangunan daerah tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021, Jumat (21/5/2021).

“Sejak perencanaan, pelaksanaan pembangunan sampai evaluasi. Itu para inspektorat diminta untuk dilibatkan oleh Deputi BPKP, Sehingga demikian pengawasan sudah dilakukan sejak awal dan diharapkan dengan demikian kita akan memperkecil penyimpangan di dalam pelaksanaan pembangunan,” ujar Indra Yasin.

Menurut Indra, arahan itu sangatlah baik. Karena memang, jika dari hal kecil saja sudah bisa diantisipasi, maka penyelewengan yang besar bisa dihindari.

Selain BPK, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menghimbau daerah daerah untuk mencegah hal hal kecil yang bisa menjadi bibit korupsi.

“Peringatan dari KPK itu, disampaikan untuk semua kepala daerah, agar bisa meminimalisir terjadinya kerawanan tindak korupsi, lewat pengawasan inspektorat,” tambahnya.

Rakor diikuti Kepala Daerah se Provinsi Gorontalo. Hadir juga Kepala BPK Perwakilan Pusat Provinsi Gorontalo, Pimpinan KPK Pusat Perwakilan Provinsi Gorontalo, Wakil Gubernur, dan Inspektur Jendral Kemendagri RI. (adv)