Dorong Penguatan UMKM, Pemda Bonebol dan BI Teken Nota Kesepahaman

Dorong Penguatan UMKM, Pemda Bonebol dan BI Teken Nota Kesepahaman

23/09/2020 21:30 0 By Syakir

Penandatanganan nota kesepahaman antara KPwBI Provinsi Gorontalo dengan Pemda Bone Bolango, Rabu (23/9/2020). (hms)

Hulondalo.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, untuk pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu, Rabu (23/9/2020).

Kesepakatan yang ditandatangani Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou itu meliputi, pengembangan UMKM serta program Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Ekonomi di Bone Bolango.

Dalam sambutannya, Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto mengatakan, sedikitnya ada 3 kerjasama pengembangan UMKM yang sudah berjalan dengan pemerintah Bone Bolango.

Mulai dari, kolaborasi 7 UMKM binaan KPw BI Provinsi Gorontalo di Bone Bolango, hingga meraih terbaik 3 nasional pada kegiatan klaster championship Bank Indonesia.

Tak hanya itu. Ada juga, kolaborasi pengembangan dan penguatan pariwisata di Desa Olele, dengan konsep community based tourism serta pelatihan dan perbaikan sarana UMKM.

Terakhir, kolaborasi percepatan digitalisasi ekonomi daerah. Termasuk implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP), serta penyediaan QRIS di kawasan wisata Lombongo sebagai alternatif pembayaran untuk para wisatawan.

Nah, dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, ke depan Pemda Bone Bolango dan KPw BI Provinsi Gorontalo dalam kerjasamanya, akan fokus pada sektor UMKM, pariwisata, ekonomi syariah hingga ekonomi digital. (zhk)