DPRD Bolmut Studi Tiru Tentang Kepemudaan di Pohuwato

DPRD Bolmut Studi Tiru Tentang Kepemudaan di Pohuwato

25/06/2021 17:54 0 By Yadin

Kabid Pemuda Disporapar Pohuwato, Saharudin Saleh (baju putih) tampak tengah menjelaskan terkait Perda Kepemudaan ke Pansus II DPRD Bolmut.

Hulondalo.id – Pansus II DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulut berkunjung ke Kabupaten Pohuwato yang diterima oleh Plt Sekda, Iswanta didampingi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Jumat (25/6/2021).

Kunjungan ini dalam rangka studi tiru terkait Perda tentang Kepemudaan yang sudah diterapkan di Kabupaten Pohuwato.

Ketua Pansus II, Budi Setiawan Kohongia mengatakan, alasan memilih Pohuwato, karena Pohuwato telah menerapkan Perda tersebut.

Pemuda memang mendapat perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten Pohuwato. Perda tersebut lahir beberapa tahun yang lalu yakni Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kepemudaan.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pemuda Disporapar Pohuwato, Saharudin Saleh menjelaskan, dengan peraturan daerah itu, pemda memberikan perhatian kepada pemuda diantaranya memberikan dana hibah organisasi kepemudaan, memberikan sejumlah beasiswa mulai dari kedokteran, kesehatan, luar daerah, luar negeri, prestasi miskin, dan akhir studi.

Bukan cuma itu, Pemkab Pohuwato juga memberikan perhatian kepada pemuda lewat program kegiatan Paskibraka, binlat Polri dan TNI serta pemuda pelopor.

“Misalnya lewat pemberian beasiswa 1 dokter 1 kecamatan, itu tak lama lagi Pohuwato akan memiliki dokter yang merupakan putra-putri asli daerah,” terang Saharudin.

Sekda Iswanta juga mengatakan, untuk tahun ini Pohuwato berhasil mengirim putri terbaik daerah ke tingkat Nasional menjadi calon anggota Paskibraka.

“Alhamdulillah ada perwakilan Pohuwato yang terpilih jadi Paskib Nasional,” kata Iswanta. (yadin/adv)