DPRD Gorontalo Utara Telusuri Status Tanah Gedung Perpustakaan

DPRD Gorontalo Utara Telusuri Status Tanah Gedung Perpustakaan

28/06/2021 20:07 0 By Maman

RDP DPRD Gorontalo Utara Tanah Gedung Perpustakaan

DPRD Gorontalo Utara menggelar RDP terkait status tanah pembangunan Gedung Perpustakaan. (foto:prin)

Hulondalo.id – Status tanah yang diatasnya sementara dibangun Gedung Perpustakaan, akan ditelusuri DPRD Gorontalo Utara. Dugaan sementara, tanah tersebut belum memiliki sertifikat.

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik mengatakan, tahun 2019 silam, ada pengadaan tanah kurang lebih 6600 meter persegi, dengan sekitar Rp 1,4 miliar. Tanah tersebut diperuntukan pembangunan ruang olahraga tertutup, sebagaimana tertuang dalam nomenklatur aset.

Sertifikatnya kata Hamzah, sudah selesai. Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Senin (28/6/2021), dengan para aktivis Suara Parlemen Jalanan (SPJ) bersama OPD terkait terungkap bahwa, pengurusan sertifikat itu, untuk pembangunan gedung perpustakaan.

“Padahal, tujuan awalnya untuk Gelanggang Olahraga (GOR), kepentingan dinas Dispora,” ujar Hamzah usai rapat.

Tiba-tiba lanjut Hamzah, saat proses berjalan, karena mungkin akan ada dana Rp 10 milyar, maka tanah tersebut dialihkan ke pembangunan gedung perpustakaan. Karenanya kata Hamzah, pada kartu inventaris barang itu, juga tertulis gedung perpustakaan.

SPJ lanjut Hamzah, menduga pembangunan tersebut dilakukan bukan pada tanah 6600 meter persegi, justru pada tanah seluas 3700 meter persegi yang belum jelas, apakah sudah tersertifikat atau belum.

“Yang jelas tadi belum ada info valid dari aset, saya tanya ke aset masih ragu-ragu, masih akan dicek, nanti kita pastikan lagi, angkanya berapa, karena bahasanya dia, tidak ada 3700, bahasanya dia 3800, tetapi karena mendekati, mungkin kita asumsi 3700 itulah yang dimaksud 3800 itu,” jelas Hamzah.

Persoalan itu kata Hamzah lagi, menjadi konsen bagi anggota DPRD. Dalam waktu dekat, DPRD akan menelusuri secara langsung dilapangan, melakukan peninjauan dimana sebenarnya yang dibangun itu. (Prin/Adv)