DPRD Kabupaten Blitar Tetapkan 5 Ranperda, Diantaranya RDTR Kanigoro

DPRD Kabupaten Blitar Tetapkan 5 Ranperda, Diantaranya RDTR Kanigoro

14/09/2020 20:59 0 By Maman

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – DPRD Kabupaten Blitar resmi menetapkan 5 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), menjadi Peraturan Daerah (Perda). 5 regulasi tersebut diantaranya, Perda tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kanigoro.

Ditemui usai memimpin Rapat Paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto mengatakan, salah satu perda yang ditunggu-tunggu yakni, tentang RDTR di Kanigoro sebagai Ibukota Kabupaten Blitar.

“Regulasi ini menjadi landasan hukum untuk perencanaan pembangunan jangka panjang,” kata Suwito, Senin (14/09/2020).

Selain Perda tentang RDTR Kanigoro, 4 ranperda lainnya yang juga ditetapkan yakni, Penyertaan modal BPR, Perubahan Pajak Daerah Retribusi Jasa Umum, dan Perlindungan Anak.

Dalam Rapat Paripurna itu juga, fraks-fraksi di DPRD Kabupaten Blitar, juga menyampaikan pendapat akhir terhadap ranperda tersebut. Secara umum, fraksi-fraksi sependapat dan mendukung ranperda ini disahkan menjadi Perda.

Sementara itu, saat ditanya tentang sikap DPRD Kabupaten Blitar, terkait tukar guling tanah aset Pemkab Blitar dengan Rs. An-Nissa di Kelurahan Kaweron, Suwito mengatakan, tukar guling ini sangat urgen.

“Atas pertimbangan kepentingan layanan kesehatan masyarakat, maka legislatif sepakat dan menyetujui tukar guling itu, sekali lagi ini mendahulukan yang urgen,” ungkap Suwito. (Anang/Adv)