DPRD Kabupaten Gorontalo Minta Kinerja PDAM Diperbaiki

DPRD Kabupaten Gorontalo Minta Kinerja PDAM Diperbaiki

22/09/2020 21:11 0 By Maman

Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo menggelar RPD terkait pelayanan dan kinerja PDAM Kabupaten Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo meminta Perusahan Daerah Air Minum Daerah (PDAM) agar memperbaiki kinerja. Hal itu disampaikan oleh anggota DPRD Kabupaten Gorontalo saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (22/9/2020).

RDP yang dilakukan Komisi II tersebut, untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait lonjakan tarif yang dikenakan PDAM. Selain itu, kurangnya respon pelayanan keluhan masyarakat terkait pemasangan hingga ketersedian air bersih.

Seperti halnya diungkapkan oleh salah seorang anggota dewan, Iskandar Mangopa bahwa dirinya mengalami hal yang tak menyenangkan terkait pelayanan PDAM. Tentang keluhan agar meteran air miliknya diperbaiki. Namun, hal itu tak direspon oleh pihak PDAM.

“Saya ingin memindahkan meteran air. Bahkan sudah membeli alat. Tetapi, meteran tersebut tak kunjung diperbaiki,” kata Iskandar.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, selain tentang pelayanan, juga menyinggung tentang lonjakan tarif yang dialaminya. Padahal, rumah itu tak ditempati. Bahkan, tagihan tersebut tercantum alamat Desa Bongohulawa sementara alamat sebenarnya di Desa Pone.

“Tarif dikenakan mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu. Sedangkan rumah tersebut tidak ditempati. Alamat yang dicantumkan tidak sesuai dengan alamat sebenarnya. Ini dikhawatirkan jangan sampai saya hanya membayar tagihan pelanggan lain, ” terang Iskandar.

Sementara itu, Direktur PDAM Kabupaten Gorontalo, Rivo Hilola melalui, Kepala Pengawasan Internal PDAM, Tomy Said mengatakan, keluhan yang terungkap di RDP yakni terkait lonjakan tarif, tekanan air dibawah, respon lambat dari petugas serta kinerja PDAM.

Dia menjelaskan, lonjakan tarif terjadi karena beberapa hal, yakni adanya pemakaian air melebihi batas serta diakibatkan kebocoran pipa.

“Ada beberapa pipa kami mengalami kebocoran. Namun hal itu telah kami perbaiki. Selain, memperbaiki pipa bocor kami pun akan memperbaiki kinerja kami. Ini untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Tomy. (Opin/Adv)