DPRD Provinsi Gorontalo Dorong Peningkatan Infrastruktur Ekonomi UMKM

DPRD Provinsi Gorontalo Dorong Peningkatan Infrastruktur Ekonomi UMKM

25/06/2021 13:51 0 By Maman

Studi Komparasi ke DPRD Prov Jawa Timur

Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, melakukan studi komparasi ke DPRD Provinsi Jawa Timur. (foto:hms)

Hulondalo.id – Infrastruktur ekonomi dibidang UMKM didorong agar diseriusi leh Pemprov Gorontalo. Anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Nasir Madjid mengatakan, infrastruktur ini penting dalam upaya peningkatan UMKM.

Terkait hal tersebut, studi komparasi dilakukan di DPRD Provinsi Jawa Timur, untuk tahu lebih jauh bagaimana peningkatan UMKM termasuk, penerapan program digitalisasi marketing UMKM.

“Pemerintah daerah patut memberikan perlindungan dan pemberdayaan terhadap UMKM, petani, dan seluruh nelayannya, untuk UMKM di Provinsi Gorontalo, pemerintah daerah telah memberikan pelatihan, pendampingan, marketing produksi hingga pinjaman modal terhadap UMKM,” ungkapnya.

Di Jawa Timur kata Nasir, market produksi yang dihadirkan oleh pemerintah adalah, perwakilan dagang dibeberapa wilayah. Ini menjadi masukan positif yang bisa diadopsi untuk Provinsi Gorontalo dalam rangka pengembangan UMKM kita.

Politisi Gerindra ini juga mengatakan, ada hal yang menarik bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengeluarkan 2 Perda yakni, perlindungan dan pemberdayaan terhadap petani, pelindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan.

“Aturan ini didalamnya petani dan nelayan diberikan modal kerja dan modal pinjaman dengan bunga 6%/tahun,” ungkap Nasir.

Provinsi Jawa Timur juga kata dia, memberikan asuransi apabila ada petani yang gagal panen.

“Semoga gerakan dan kebijakan positif ini kita bisa kolaborasikan khususnya perda-perda ini yang sudah ada di Provinsi Gorontalo,” ujar Nasir. (Inkri/Adv)