DPRD Setujui Pengelolaan 3 Pulau di Gorontalo Utara oleh Swasta

DPRD Setujui Pengelolaan 3 Pulau di Gorontalo Utara oleh Swasta

14/10/2021 10:09 0 By Maman

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte.

Hulondalo.id – Persetujuan disampaikan DPRD Gorontalo Utara terhadap pengelolaan 3 pulau oleh swasta. Persetujuan ini disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Gorontalo Utara, baru-baru ini.

3 pulau masing-masing, Pulau Saronde, Pulau Mohinggito dan Pulau Bugisa, akan dikelola oleh 3 perusahaan swasta atau investor, selama 30 tahun. Setiap tahun kata anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte, evaluasi akan dilakukan.

Matran juga mengatakan, sebelum persetujuan disampaikan, proses yang dilalui cukup rumit. Sebab, melalui berbagai pembahasan sampai pada tahap pelaksanaan Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran didampingi Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik.

3 pulau tersebut akan dikelola oleh, PT Blue Bay Divers dan PT Bimantara Karya Andalan.

Matran mengatakan, latar belakang dan sasaran pengelolaan objek wisata Pulau Saronde dan Pulau Bogisa oleh PT Blue Bay Divers, kemudian Pulau Mohinggito oleh PT. Bimantara Karya Andalan, untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam pesisir dan kepulauan, yang dikelola dengan manajemen modern dan ramah lingkungan serta sesuai standar destinasi internasional agar memiliki nilai jual ekonomis dan ekologis.

“Juga menjadi leading sektor pembangunan ekonomi daerah, sekaligus sumber pendapatan pemerintah daerah, mampu memberikan dampak pertumbuhan ekonomi dan perberdayaan masyarakat sekitar,” terang Matran.

“Perusahaan ingin menjadikan Pulau Mohinggito sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus sumber pendapatan bagi pemerintah daerah dalam hal Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata,” ungkap Matran. (Prin/Adv)