Dua Hari Turlap, Bupati Saipul Identifikasi Lahan Bermasalah di Irigasi Randangan

Dua Hari Turlap, Bupati Saipul Identifikasi Lahan Bermasalah di Irigasi Randangan

06/07/2021 14:27 0 By Yadin

Bupati Saipul berbincang-bincang dengan warga pemilik lahan yang dilalui pekerjaan irigasi Randangan.

Hulondalo.id – Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga melanjutkan agenda turun lapangan meninjau jaringan irigasi yang ada di Kecamatan Randangan dan Patilanggio, Selasa (6/7/2021).

Selama dua hari, Bupati Saipul didampingi Dinas Pertanian, tim kerja bupati dan pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi II melakukan identifikasi lahan yang bermasalah di pekerjaan irigasi baik di bagian kiri maupun kanan.

Dari hasil kunjungan lapangan, ada beberapa titik lahan milik warga yang dilalui pekerjaan irigasi dan belum terselesaikan terkait ganti rugi lahan. Di beberapa titik yang lain, pembayaran ganti rugi lahan sudah selesai, tetapi pekerjaan terkendala karena anggaran. Nah menyikapi ganti rugi lahan, hal itu akan diseriusi agar irigasi secepatnya bisa difungsikan.

“Setelah kita identifikasi di lapangan lahan yang bermasalah, ini akan kita laporkan ke pak Gubernur,” ungkap Bupati Saipul.

Jika jaringan irigasi sudah berfungsi, Bupati Saipul berharap pada Oktober mendatang sudah dilakukan penanaman perdana di 15 hektar sawah yang ada di Desa Siduwonge dan Desa Huyula Randangan.

“Selama ini kan yang menjadi masalah adalah air. Dan menurut pihak Balai, air sekarang sudah tidak masalah. Sehingga bagaimana sawah yang sudah dicetak itu, difungsikan,” terang Plt. Kadis Pertanian, Ikbar AT. Salam. (yadin/adv)