Dua Kuliner Andalan Gorontalo, Warnai Pameran Temporer Nani Wartabone

Dua Kuliner Andalan Gorontalo, Warnai Pameran Temporer Nani Wartabone

13/10/2021 17:06 0 By Syakir

Hulondalo.id – Sejumlah hal menarik ditampilkan dalam Pameran Temporer Nani Wartabone. Pameran dalam rangka memperingati hari museum itu, menampilkan panganan khas Gorontalo, lengkap dengan proses pembuatannya.

Seperti Ibu Fatma yang menampilkan Tiliaya. Panganan jenis ini kerap terlihat dalam acara tradisional Gorontalo, walaupun bukan sebagai menu utama, tapi tiliaya salah satu jenis makanan yang paling disukai masyarakat, karena rasa manisnya.

“Nah, langkah-langkah membuat tiliaya, yakni gula merah diiris halus, campurkan gula merah, telur dan santan dalam 1 wadah. Kemudian, kocok sampai tercampur rata semua racikan tersebut dan bisa di kocok menggunakan whisker, bisa juga menggunakan mixer. Serta jika sudah tercampur rata, saring dan tuang ke dalam cetakan, terakhir tambahkan daun pandan di atasnya, Kukus selama 15-20 menit. Tiliaya siap di nikmat oleh masyarakat,” terang Fatma, kepada pengunjung pameran UPT Museum Purbakala Gorontalo, Rabu (13/10/2021).

Selain Fatma ada juga Ma Eni penjual ilabulo yang tempatnya juga menjadi incaran pengunjung di pameran hari kedua itu. Tak hanya menampilkan, Ma Eni juga menjelaskan cara pembuatannya kepada pengunjung.

” Langkah-langkahnya, Rebus hati, ampela, lemak, kulit sampai matang, angkat dan potong kecil-kecil, Campur bumbu halus dengan potongan hati. Kemudian, masukkan tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu bubuk, dan air rebusan sedikit demi sedikit. Masak adonan di atas api kecil sambil diaduk terus agar tidak gosong. Masak sampai adonan sudah tidak berair,” ungkapnya.

Rencananya, pameran dalam rangka memperingati hari musium itu, akan digelar hingga 8 hari kedepan, di UPT Museum Purbakala Gorontalo. (inkri)