Duet ASITA, Gorontalo Siap-siap Sambut Wisatawan Tiongkok

06/10/2019 14:26 0 By Alex

Ketua ASITA Gorontalo Marten Chandra (kedua dari kanan) saat menandatangani nota kesepahaman dengan MM Travel Leo Parangan disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili terkait kerjasama mendatangkan wisatawan Tiongkok dari Manado ke Gorontalo dalam bentuk paket tur.(F. humas pemprov)

Hulondalo.id – Ada catatan penting pada Celebes Tourism Meeting dalam rangka Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2019, Sabtu (5/10/2019).

Asosiasi travel agent atau Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan ASITA Gorontalo akan membagi kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke bumi Serambi Madinah.

Ya, wisatawan asal negeri tirai bambu yang berkunjung di Manado kini sangat tinggi. Tahun 2018, tak kurang dari 128.000 wisatawan mancanegara (wisman) yang sebagian besar dari Tiongkok datang ke Kota Manado dan sekitarnya. Inilah yang akan dimanfaatkan Gorontalo.

“Jadi sudah ada penandatanganan nota kesepahaman antara ASITA Gorontalo dengan MM Travel selaku Tour Operator Charter Flight Manado-China yang juga bagian dari ASITA Sulut. Ini menandakan angin segar bagi industri pariwisata di Gorontalo. Siap tidak siap, tantangan ini harus kita ambil dan kita Laksanakan dengan Baik untuk segera direalisasikan,” ujar Ketua ASITA Gorontalo, Marten Chandra.

Dalam kerjasama itu, wisman asal Tiongkok yang akan berkunjung ke Manado juga akan datang ke Gorontalo dalam bentuk paket tur. Caranya, durasi paket tur akan ditambah. Yang semula hanya berkisar 4 hari akan menjadi sepekan penuh.

“Jadi nanti bentuk kerjasamanya itu adalah paket wisata yang dijual ke wisatawan asal China itu 4 hari 3 malam di Manado dan dilanjutkan 3 hari 2 malam di Gorontalo. Soal harga, masih akan didiskusikan lagi dan mungkin akan dibuatkan dalam beberapa paket karena selama ini kebanyakan destinasi yang dikunjungi hanya Pulo Cinta,” imbuh Marten.

Sebelumnya, Manado sudah terbukti dengan jumlah kunjungan sekitar 124.000 wisman tahun 2018. Dan akan bertambah lagi jumlahnya tahun ini dan Tahun 2020 mendatang seiring dibukanya jalur international lain seperti Manado-Davao pp dengan Garuda,

“Rencananya Februari 2020 Manado-Guangzhou-Los Angeles/San Fransisco dengan China Southern Maskapai yang bermarkas di Guangzhou, China. Ini perlu menjadi perhatian serius bagi Gorontalo, dan akan menjadi PR Besar untuk bagaimana kita bersama-sama menyiapkan Gorontalo agar siap menampung arus wisatawan di masa yang akan datang,” pungkasnya.(tri)

loading...