Dugaan Penyelewengan Setoran Pajak, Komisi I Akan Keluarkan Rekomendasi

Dugaan Penyelewengan Setoran Pajak, Komisi I Akan Keluarkan Rekomendasi

25/10/2021 20:52 0 By Maman

Komisi I DPRD Gorontalo Utara menggelar RDP. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Komisi I DPRD Gorontalo Utara, akan mengeluarkan rekomendasi terkait dugaan penyelewengan setoran pajak oleh Sekretaris Desa Titidu. Rekomendasi ini dikeluarkan pasca menggelar RDP, Senin (25/10/2021).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte mengatakan, ada beberapa kesimpulan yang dilahirkan dari RDP yang dihadiri pelapor.

“Kita akan mengeluarkan rekomendasi berdasarkan catatan dan temuan selama RDP tersebut, namun rekomendasi masih dalam pembahasan internal Komisi I,” kata Matran.

Dugaan penyelewengan setoran pajak ini juga kata Matran, telah melalui proses di Inspektorat Daerah (ITDA) Gorontalo Utara. Hasilnya kata Matran, akan ada tindak lanjut dari tim ITDA.

“Informasi yang berkembang dalam RDP, 30% telah disetorkan oleh yang bersangkutan,” ungkap Matran.

Pemerintah Desa sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Keecamatan juga kata Matran, memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa, penurunan jabatan satu tingkat.

Matran meminta, sanksi yang diberikan, disesuaikan dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

Terkait rekomendasi legislatif, akan memuat beberapa poin seperti, masa waktu pengembalian penyetoran pajak yang sempat diselewengkan. (Prin/Adv)