Duh! Gubernur Soroti Vaksinasi Lansia di Gorontalo Baru Terealisasi 2,09%

Duh! Gubernur Soroti Vaksinasi Lansia di Gorontalo Baru Terealisasi 2,09%

17/05/2021 16:57 0 By Alex

vaksinasi lansia

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi bersama pimpinan OPD, Senin (17/5/2021). (F. Salman)

Hulondalo.id – Vaksinasi lanjut usia (lansia) di Gorontalo masih rendah. Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menyebut, realisasi vaksinasi terhadap lansia baru mencapai 2,09% dan menjadi yang terendah terhadap sasaran vaksinasi dibandingkan tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik.

Sebelumnya data dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menyebut, angka vaksinasi lansia dosis pertama di Gorontalo sangat rendah.

Kota Gorontalo menjadi yang tertinggi yakni 5,57%, disusul Kabupaten Boalemo 3,83%, Kabupaten Bone Bolango 1,81%, Kabupaten Gorontalo Utara 1,79%, Kabupaten Gorontalo 0,47% dan Kabupaten Pohuwato 0,53%.

Sedangkan dosis pertama untuk tenaga kesehatan di Gorontalo sudah terealisasi mencapai 101,5%. Sementara untuk vaksinasi dosis kedua mencapai 90,94%.

Sementara untuk petugas pelayanan publik terealisasi 63,10% pada dosis pertama dan 40,96% untuk vaksinasi dosis kedua.

“Untuk tenaga kesehatan dan pelayanan publik sudah bagus progresnya, yang masih kurang lansia. Mulai besok kita akan melakukan gebyar vaksinasi lansia. Jadi semua puskesmas melayani vaksinasi bagi lansia, di Dikes Provinsi Gorontalo juga ada pelayanan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Sulaiman, Senin (17/5/2021).

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie turut menyoroti rendahnya vaksinasi lansia di 6 kabupaten/kota. Olehnya, pada swab antigen yang akan dilaksanakan setiap hari Senin seminggu sekali, Rusli pun meminta agar ASN bisa mengajak minimal 2 lansia.

“Diajak juga lansia minimal 2 orang (setiap ASN). Orang tua kita, tetangga atau kerabat,” kata Rusli.

Rusli berharap ASN bisa menjadi penggerak vaksinasi bagi lansia mengingat angkanya masih sangat rendah. Tidak saja berupa sosialisasi dan edukasi, tetapi dalam bentuk nyata dengan mengajak lansia untuk divaksin.(adv/alex)