Dukcapil Kota Gorontalo Jamin Keamanan Data Penduduk

Dukcapil Kota Gorontalo Jamin Keamanan Data Penduduk

03/06/2021 23:55 0 By Maman

Yusrianto Kadir

Kepala Dinas Dukcapil Kota Gorontalo, Yusrianto Kadir.

Hulondalo.id – Dalam beberapa hari ini hacker mengancam data penduduk di beberapa daerah di Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Gorontalo telah melakukan langkah-langkah antisipatif, setelah melakukan konsultasi dan beroleh petunjuk dari Dirjen Dukcapil Kemendagri, saat menggelar Rapat Kerja Nasional tentang Keamanan Data Dukcapil pada Kamis, (3/6/2021) melalui zoom meeting.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo, Yusrianto Kadir, SE., M.Ec.Dev mengatakan, data kependudukan di Kota Gorontalo dalam keadaan aman dan terjaga dengan baik. Sebab, pelayanan administrasi kependudukan maupun pemanfaatan data kependudukan tidak menggunakan jaringan internet publik.

Dalam akselerasi pelayanan kependudukan kata Yusrianto, menggunakan layanan VPN yang tidak terhubung dengan Server Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Server SIAK), sehingga resiko ancaman keamanan data dapat dicegah.

“Selain itu, kami juga melakukan penggantian password server serta mengaktifkan firewall secara berkala di server, sehingga tidak mudah di akses dari luar, kami juga senantiasa mengupdate anti virus di server maupun di komputer pada loket layanan agar aman dari virus,” kata Yusrianto, saat diwawancarai, Kamis (3/6/2021).

Pengawasan yang ketat juga dilakukan, dan memastikan tidak ada aparatur yang membawa data kependudukan keluar kantor, serta mempertegas agar komputer yang digunakan untuk data kependudukan yang terhubung dengan server, tidak digunakan untuk hal-hal lain, apalagi untuk bermain medsos.

“Kami berharap keamanan sistem SIAK di Kota Gorontalo akan tetap selalu terjaga terhindar dari hacker dan data kependudukan tidak akan mengalami kebocoran, apalagi sampai jatuh ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab” pungkasnya.

Konsultasi dan komunikasi kata dia akan tetap dilakukan, dengan tetap memperhatikan hal-hal yang selalu ditekankan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Disdukcapil Kota Gorontalo akan tetap solid dan berkomitmen untuk memastikan keamanan data penduduk,” ujarnya. (Inkri/Adv)