Dukung DOB Boliyohuto, Banyak Hal Telah Dilakukan Nelson

11/11/2019 10:46 0 By Maman

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri Rapat Persiapan Pembentukan DOB Boliyohuto. (hms)

Hulondalo.id- Dukungan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Boliyohuto, banyak hal telah dilakukan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Diantaranya, sederet pembangunan infrastruktur untuk mendukung lahirnya Kabupaten Boliyohuto.

Pembangunan infrastruktur tersebut antara lain, pembangunan jalan dan fasilitas umum lainnya. Salah satunya kata Bupati dalam rapat dan diskusi dengan masyarakat Boliyohuto Cs baru-baru ini, pembangunan jalan Desa Pangahu.

“Bayangkan saja, selama Indonesia merdeka, jalan desa pangahu baru sekarang diaspal,” kata Nelson dalam rangka pembahasan persiapan pembentukan DOB Kabupaten Boliyohuto Provinsi Gorontalo.

Dukungan lain kata dia, pembangunan rumah sakit yang telah dilakukan secara bertahap. APBD Perubahan tahun 2019 ini, ada Rp. 4,5 Miliar yang dikucurkan. Bupati menargetkan, Januari 2020, rumah sakit ini sudah mulai beroperasi.

“Meski banyak yang mempersoalkan, tahun ini dianggarkan di APBD Perubahan sebesar Rp. 4,5 miliar, tahun 2020, Rp. 18 miliar untuk perluasan demi selesainya bangunan rumah sakit tersebut,” ungkap Nelson.

Bahkan kata Nelson, OTK rumah sakit sudah diselesaikan. Sehingga, jika tak ada aral melintang, November atau Desember ini, Direktur Rumah Sakit Boliyohuto dilantik dan setelah dilakukan penataan, maka Januari 2020 beroperasi.

Tak cuma itu, wujud dukungannya untuk DOB Boliyohuto, diantaranya pembangunan terminal, pembangunan pintu gerbang, fasilitas Damkar dan pembangunan Pelabuhan Bilato tahun 2020.

“Pelabuhan bilato ini kalau jadi, maka pelabuhan terbesar di Gorontalo dibagian selatan, eksport dan import itu melalui sini,” ujar Nelson.

Nelson juga menambahkan, kehadiran Pelabuhan Bilato akan menambah PAD akan naik.

Tak hanya infrastruktur, dukungan untuk lahirnya DOB Boliyohuto juga pada sektor unggulan untuk mendorong perekonomian, seperti pertanian, peternakan dan sebagainya. Ketersediaan SDM juga, telah disiapkan.

“Guru-guru, tenaga kesehatan bahkan camat-camat sudah diarahkan pada orang-orang Boliyohuto asli, termasuk mengidentifikasi OPD, sehingga mereka inilah yang akan menjadi pejabat-pejabat ketika DOB ini lahir,” tutur Nelson. (Ika/Adv)