Dukung Gula Aren asal Kabgor Tembus Pasar Mancanegara

Dukung Gula Aren asal Kabgor Tembus Pasar Mancanegara

29/01/2021 20:34 0 By Syakir

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menerima kunjungan Deputi Perkoperasian Kemenkop dan UKM RI, Ahmad Zabadi

Hulondalo.id – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menerima kunjungan Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Ahmad Zabadi, Jumat (29/1/2021).

Dalam pertemuan itu, sejumlah hal dibahas terutama terkait gula aren asal Kabupaten Gorontalo, yang menurut Deputi Ahmad Zabadi merupakan komoditi yang potensial.

Bahkan Ahmad Zabadi sempat terkejut, bahwa ternyata gula aren asal Gorontalo dalam dua tahun kebelakang, sudah melayani permintaan luar negeri.

“Ini salah satu potensi yang sangat baik untuk Kabupaten Gorontalo. Bahkan pengembangan pasar gula aren asal Kabupaten Gorontalo ini, kami rencanakan masuk ke pasa mancanegara seperti Lybia dan Korea,” ungkapnya.

Dirinya pun mengaku, Kemenkop dan UKM siap mendukung dan memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Gorontalo, untuk mengembangkan koperasi Gula Aren.

Saat ini, koperasi gula aren di Kabupaten Gorontalo baru bisa mengcover 250 anggota dengan luas lahan mencapai 250 hektar. Nah, kedepannya ini akan didorong untuk lebih berkembang.

“Dengan memperluas lahan pengelolaan menjadi 3000 Hektar, dan hal ini kami pastikan bisa memberikan manfaat kepada petani gula aren,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo jelaskan bahwa kunjungan unsur dari Kemenkop dan UKM RI ke Kabupaten Gorontalo, untuk menindak lanjuti hasil rapat yang digelar sebelum secara virtual. (adv)