Dukung Kabupaten Layak Anak, Pemkab – Kejari Limboto Launching Jaksa Sayang Anak

Dukung Kabupaten Layak Anak, Pemkab – Kejari Limboto Launching Jaksa Sayang Anak

24/05/2019 00:16 0 By Maman

Kepala Kejari Limboto Dr. Supriyanto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway saat melaunching Jaksa Sayang Anak, wujud dukungan Kabupaten Layak Anak.

Hulondalo.id – Jaksa Sayang Anak, dilaunching Kejaksaan Negeri (Kejari) Limboto bersama Pemkab Gorontalo. Terobosan ini dalam upaya mewujudkan Kabupaten Gorontalo Layak Anak.

Seperti diketahui, sebelumnya gerakan serupa telah dilakukan berupa, Jaksa Sahabat Desa, Jaksa Sahabat Guru dan Jaksa Masuk Masjid.

Launching gerakan tersebut, menghadirkan Forum Anak se Kabupaten Gorontalo di Lapangan Indoor Rudis Bupati Gorontalo, Kamis (23/05/2019).

Dalam kegiatan ini, Kejari Limboto juga menggandeng Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), serta Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Gorontalo.

Kepala Kejari Limboto Dr. Supriyanto mengatakan, ada dua tujuan dari gerakan tersebut. Pertama, Kejaksaan Negeri Limboto dari awal mendukung Kabupaten Layak Anak.

Kemudian kata Supriyanto, hal ini dilakukan setelah melihat fenomena dilapangan bahwa, ada perkara – perkara anak yang ditangani dan korban maupun pelaku adalah anak.

“Berawal dari itu, maka saya berpikir mencari terobosan, inovasi dan kreasi bahwa kita tidak bisa melakukan penanganan perkaranya tapi kita cari permasalahan hulunya,” kata Supriyanto.

Permasalahannya perlu untuk diketahui. Karenanya kata Supriyanto, yang harus dilakukan adalah bersama dengan anak – anak tersebut. Salah satu solusinya, melalui Jaksa Sayang Anak.

“Agar anak – anak di Kabupaten Gorontalo tidak melakukan pelanggaran hukum, baik dia sebagai korban maupun pelanggar hukum,” ungkap Supriyanto.

Ia juga menegaskan, segmen yang paling pas berkumpul dan bersua dengan anak, adalah Jaksa Sahabat Anak.

“Artinya kita sayang anak, kita jaga mereka jangan sampai berurusan dengan hukum yang dapat merusak masa depannya,” tambah Supriyanto.

Untuk mendorong itu, sejumlah langkah akan dilakukan. Pertama, dirinya bersama teman – teman jaksa, akan membuat perjanjian dan menandatangani komitmen bersama bahwa, Jaksa Sayang Anak.

“Kedua, saya akan membuat terutama bagi anak – anak berhadapan dengan hukum, membuat langkah untuk mereka, dibuatkan ruang dipersi penanganan perkara anak, selanjutnya membuat ruang laktasi, dan kemudian membuat taman bermain anak,” ujar Supriyanto.

“Taman bermain anak ini agar anak – anak ramah dengan kantor kejaksaan, dan sering bercerita, konsultasi dengan kami, sehingga anak – anak semakin dekat dengan jaksa,” jelasnya.

Kejari Limboto juga kata dia, juga akan membuat ruang konseling. Khususnya, konsultasi terhadap anak – anak yang berhadapan dengan hukum.

“Ini langkah konkret Kejaksaan Negeri Limboto dalam mendukung Kabupaten Gorontalo Layak Anak yang diimplementasikan Jaksa Sayang Anak,” tandasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Hen Restu, menyampaikan apresiasinya atas langkah kongrit yang dibuat Kejari Limboto, dalam rangka mendukung Kabupaten Gorontalo Layak Anak.

“Semoga Kabupaten Gorontalo layak anak benar – benar kita wujudkan secara bersama –  sama,” ungkap Hen Restu. (ika)