Dukung Pembangunan Pangkalan TNI AL, Sekda: Salah Satunya Dampak Ekonomi

Dukung Pembangunan Pangkalan TNI AL, Sekda: Salah Satunya Dampak Ekonomi

17/11/2020 07:00 0 By Maman

Pangkalan TNI AL Boalemo

Sekda Boalemo, Sherman Moridu mengadakan pertemuan terkait rencana pembangunan Pangkalan TNI AL di Boalemo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Dukungan diberikan terhadap rencana pembangunan Pangkalan TNI Aangkatan Laut (AL) di Kabupaten Boalemo. Sebab kata Sekda Boalemo, Sherman Moridu, dampak yang ditimbulkan antara lain terhadap sektor perekonomian di daerah ini.

Senin (16/11/2020), Sekda menerima kunjungan perwakilan TNI AL di ruang kerjanya. Didampingi sejumlah pimpinan OPD dilingkup Pemkab Boalemo, Sherman mengatakan, rencana pembangunan Pangkalan TNI AL statusnya bisa sama dengan Kodim dari Angkatan Darat (AD) yang sudah ada.

“Kami berharap, rencana pembangunan Pangkalan TNI AL ini, status kedaerahannya salam dengan Kodim AD, ini akan memberikan penguatan terhadap Boalemo,” kata Sekda.

Boalemo kata Sekda juga, merupakan daerah ketiga di Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang setelah Bali dan Lombok. Sehingganya, kehadiran Pangkalan TNI AL akan membantu daerah ini.

Di Kecamatan Tilamuta juga kata Sekda, memang memiliki banyak lahan yang sangat potensial untuk pengembangan instansi vertikal. Dukungan terhadap pembangunan Pangkalan TNI AL sepatutnya diberikan oleh pemerintah daerah.

“Pangkalan TNI AL akan membantu pemerintah daerah dalam memantau kapal di perairan Teluk Tomini,” ungkap Sekda.

Terkait kebutuhan lahan seluas 2 hektar, dalam pertemuan tersebut Sekda memberikan beberapa alternatif untuk pembangunan Pangkalan TNI AL ini. Karenanya, dia meminta agar OPD terkait bisa bersama-sama TNI AL dalam menentukan lahan tersebut.

Dia berharap, kehadiran Pangkalan TNI AL yang direncanakan akan diisi kurang lebih 200 personil ini, selan berdampak pada perekonomian, bukan tak mungkin diantara personil yang masih lajang, bisa berkeluarga di Boalemo nantinya. (man/adv)