Dulu Gema Panua, Sekarang Sapari SMS

Dulu Gema Panua, Sekarang Sapari SMS

01/03/2021 15:01 0 By Yadin

Bupati Saipul saat menyampaikan pidato perdana di DPRD.

Hulondalo.id – Di masa pemerintahan Syarif Mbuinga Bupati 2 periode, warga Pohuwato terbiasa dengan pelayanan oleh pemerintah daerah lewat program Gema Panua.

Sejak periode pertama hingga periode kedua, gerakan bersama pelayanan untuk semua (Gema Panua) selalu hadir di tengah-tengah warga, melayani kebutuhan dalam hal administrasi kependudukan, perizinan, BPJS hingga penyerahan beragam bantuan. Meski dipenghujung jabatan, Gema Panua tak bisa lagi menyapa warga Pohuwato karena protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kini Gema Panua tak ada lagi setelah berakhirnya pemerintahan Syarif. Namun bukan berarti, warga Pohuwato tak akan mendapatkan pelayanan yang sama seperti Gema Panua. Di masa pemerintahan Bupati Saipul Mbuinga dan Wabup Suharsi Igirisa, warga akan disapa dengan program Sapari SMS.

Pada pidato perdana di DPRD Pohuwato, Saipul mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan terkait pelayanan publik, penyaluran program ekonomi, juga monitoring dan evaluasi pembangunan di lapangan akan didesain dalam satu gerakan besar yakni Sapari SMS (Bersama, berpadu memberi solusi masalah masyarakat) dengan motto M-try (mendekati, mendatangi dan menindaklanjuti).

“Gerakan ini merupakan modifikasi dari Gema Panua sebelumnya dimana menjadi ajang bagi pemerintah kabupaten, pemerintah desa/kelurahan, instansi vertikal dan organisasi profesi maupun kemasyarakatan untuk bersama-sama melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dari desa ke desa,” ungkap Saipul.

“Konsep Sapari SMS memiliki kesamaan dengan mall pelayanan publik, tetapi karena pertimbangan begitu luasnya wilayah Kabupaten Pohuwato dan masih terdapat desa-desa terpencil maka model pelaksanaannya secara mobile dari desa ke desa,” jelasnya. (yadin/adv)