Efek Corona: Dari Pengangguran dan Kebangkrutan Industri Pariwisata

Efek Corona: Dari Pengangguran dan Kebangkrutan Industri Pariwisata

28/03/2020 20:34 0 By Alex

Ilustrasi pariwisata, Desa Wisata Religi di Gorontalo. (f. mytrip123.com)

Hulondalo.id – Penyebaran virus corona di Indonesia telah memukul perekonomian di negeri ini, termasuk sektor pariwisata. Butuh waktu yang tidak singkat untuk memulihkannya.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi via video conference Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI bersama Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia, Jumat (27/3/2020).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Kemenpar Ekraf Ni Wayan Giri Adnyani pun memaparkan langkah mitigasi pandemik Covid-19 yang sangat berdampak pada pariwisata hingga pengangguran.

“Dampak Covid -19 salah satunya adalah terjadinya pengangguran dan kebangkrutan usaha yang mengakibatkan krisis sosial dan ekonomi,” kata Ni Wayan Giri Adnyani.

Sejumlah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia terutama daerah terdampak yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Bali, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Utara pun memaparkan kondisi daerahnya masing-masing.

Kemenpar Ekraf pun menjelakan pengelolaan mitigasi krisis pariwisata kedepan akan melewati 3 tahap. Yang pertama adalah tanggap darurat yang berakhir pada 29 Mei 2020. Kemudian tahap pemulihan yang akan digelar pada Juni hingga Desember 2020.

Kemudian tahap normalisasi yang akan dimulai pada bulan Januari hingga Desember 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili saat mengikuti rapat koordinasi via video conference bersama Kemenpar Ekraf RI, Jumat (27/3/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili pun mengikuti rapat koordinasi bersama Kemenpar Ekraf tersebut. Video conference juga diikuti pejabat eselon 1 dan 2 Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Kepala Dinas Pariwisata seluruh provinsi se-Indonesia, Direktur Utama Badan Otoritas Pariwisata serta Kepala Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.(adv4/alex)