Efek Domino Covid-19, Pemerintah Diminta Carikan Solusi bagi Pedagang Kecil

Efek Domino Covid-19, Pemerintah Diminta Carikan Solusi bagi Pedagang Kecil

27/03/2020 22:01 0 By Jeffry

Salah seorang pedagang saat menyampaikan aspirasinya dihadapan Polisi.

Hulondalo.id – Himbauan pemerintah dan maklumat kapolri terkait adanya larangan berkumpul turut berdampak bagi perekonomian masyarakat khususnya pedagang kecil.

Pasalnya sejak diberlakukan larangan berkumpul itu para pedagang kecil harus menerima kenyataan pahit. Ya, pendapatan yang diterima makin berkurang dari hari-hari biasanya. Padahal untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat kecil ini mengakui hanya menggantungkan harapannya dengan berjualan.

“Kalau kita dibatasi untuk berjualan, lantas kita makan apa? Belum untuk bayar cicilan hutang yang mesti dibayar tepat waktu ,” kata Sobrun Bangi salah seorang pedagang kuliner di Kota Gorontalo.

Meski begitu dirinya mendukung upaya pemerintah dalam menyikapi wabah covid-19 ini. Namun disisi lain ia pun meminta solusi pemerintah akan nasib masyarakat kecil yang terkena dampak kebijakan tersebut.

“Kita pedagang mendukung segala kebijakan pemerintah, namun kita juga meminta solusi dari pemerintah untuk bertahan hidup, minimal adanya penangguhan pembayaran cicilan hutang bagi kami,” katanya lagi.

Senada dengan Sobrun, Muslim yang juga seorang pedagang kecil juga merasakan efek ini. Dia berharap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah turut dibarengi solusi yang dapat meringankan beban bagi pedagang kecil.

“Pada intinya kami tunduk pada keputusan pemerintah, namun kami juga butuh solusi yang bisa meringankan beban kami. Jika dikekang seperti ini apakah ada yang berani menjamin kebutuhan kami?,”tandasnya.(Jeff)