Eka Putra Noho, Ketua DPRD yang Mengawali Karirnya dari Nelayan

Eka Putra Noho, Ketua DPRD yang Mengawali Karirnya dari Nelayan

16/03/2021 07:45 0 By Syakir

Karyawan Eka Putra Noho, Ketua DPRD Kabupaten Boalemo

Hulondalo.id – Tidak semua politisi itu berlatar belakang sebagai aktifis ataupun akademisi. Sebagian ada yang meniti karir dari profesi yang sama sekali tidak bersentuhan dengan politik, seperti buruh, nelayan hingga sopir angkot. Eka Putra Noho politisi asal Kabupaten Boalemo salah satunya.

Dulu sebelum menjabat Ketua DPRD Boalemo, pria bernama lengkap Karyawan Eka Putra Noho pernah melakoni profesi sebagai supir angkutan kota (angkot) untuk rute Tilamuta – Kota Gorontalo. Bahkan juga pernah menjadi supir untuk mobil pengangkut ikan, yang setiap harinya sudah harus berangkat pukul 04.00 Wita dini hari.

“biasanya jam lima atau empat subuh dari pelelangan berangkat ke Mongolito dan Molohu membawa ikan, sampai sana bajual dan juga kadang membawa taksi lagi. Dan saya juga pernah melaut sampai ke pulau una-una hingga berapa hari untuk mencari ikan,” cerita Eka, saat berbincang dengan hulondalo.id.

Bagi Eka, orang mungkin hanya melihat kehidupannya sekarang, tapi mereka tidak tahu betapa sulitnya perjuangan yang harus dilalui. Sampai sampai pernah Eka dan istrinya hanya makan mie instan karena tak punya uang.

“Saya pernah dengan istri tidak ada uang, bahkan sampai menangis. Dan mau buat apa, keadaan sudah seperti itu. Namun kami tetap syukuri, karena hidup dijalani dengan santai dan selalu yakin akan rezeki yang sudah di tetapkan,” imbuhnya.

Hingga akhirnya Eka bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Boalemo. Pengalamannya sebagai sopir hingga menjadi nelayan, sangat membantu karirnya saat menjadi politisi.

Seperti sudah menjadi rezeki Eka, 2004 dirinya terpiilih sebagai anggota DPRD Boalemo. Karir Eka terbilang mulus, karena 2009 dirinya kembali terpilih untuk periode kedua.

Hingga akhirnya 2019 untuk ketiga kalinya Eka Putra Noho kembali dipercaya rakyat untuk duduk di DPRD. Bedanya kali ini, dengan besarnya perolehan suara dan kursi, Eka pun dipercaya menjabat sebagai Ketua DRPD hingga sekarang.

Di akhir wawancara, Eka Putra berpesan bahwa kesuksesan itu bisa di raih kalau ada kerja keras, ketenangan di dalam hati, dan keyakinan yang kuat untuk meraihnya.

“Hidup ini santai saja, dan harus dinikmati. Yang penting kita punya niat yang baik dan ikhas. Kita pasti bisa berhasil,” Tandasnya. (Mg-03)