Ekstrim! Puluhan Siswa SMA 2 Wonosari Ini Dididik dengan Ular Piton

Ekstrim! Puluhan Siswa SMA 2 Wonosari Ini Dididik dengan Ular Piton

14/09/2019 13:52 0 By Alex

Salah seorang siswi SMA Negeri 2 Wonosari saat bercengkrama dengan satwa liar ular piton saat Diksar Sispala Nantu.(f.gusran for hulondalo.id)

Hulondalo.id – Ada yang tak biasa pada rangkaian pelaksanaan Pendidikan Dasar (Diksar) siswa pecinta alam (Sispala) Nantu SMA Negeri 2 Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Sabtu (14/9/2019).

Para siswa diajak berinteraksi langsung dengan satwa liar yang sejatinya membuat banyak orang phobia dengannya. Ya, beberapa ekor ular piton melilit puluhan siswa SMA Negeri 2 Wonosari. Uniknya, bukannya ngeri, mereka malah antusias dengannya.

Namun sebelum itu, oleh pembina Sispala SMA Negeri 2 Wonosari, para siswa diberikan terapi khusus agar tidak merasa takut dan jijik dengan ular piton.

Awalnya para siswa merasa takut dengan ular, bahkan canggung saat diminta menyentuh ular piton yang dibawa pemateri. Tidak sedikit dari mereka was-was bahkan histeris ketika satwa yang sudah jinak ini disematkan kepada siswa.

Namun, berkat terapi mental dan teknis, akhirnya satu persatu, peserta Diksar menjadi berani. Tidak hanya menyentuh, bahkan memegang dan mengalungkan ular piton sebesar betis orang dewasa itu ke tubuh mereka.

“Menjadi pecinta alam, bukan sekedar mencintai alamnya saja. Tapi harus mencintai mahluk hidup yang ada di dalamnya, termasuk satwa liar. Itulah sebanya Sispala ditempa untuk dekat dengan satwa liar,” kata Pembina Sispala SMA Negeri 2 Wonosari, Arlan Ferdiyanto.

Tampak beberapa siswa asyik bermain-main dengan satwa liar berupa ular piton.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Wonosari, Eni Setiyawati menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Diksar dan rencana program Sispala Nantu yang mulai dirintis tersebut. Dia berharap, kegiatan serupa dapat menjadikan para siswa memiliki tambahan keterampilan dan menguatkan karakter mereka.

“Sehingga mereka akan memiliki bekal dan mental yang bisa menyokong perjalanan masa depan mereka,” tandas Eni Setiyawati.

Kegiatan Diksar Sispala Nantu SMA Negeri 2 Wonosari itu ditutup dengan kegiatan penghijauan di lingkungan sekolah pada hari ini, Sabtu (14/9/2019).(alex)