Enam Subsektor Unggulan, Limboto Siap Go Internasional

Enam Subsektor Unggulan, Limboto Siap Go Internasional

05/12/2019 23:28 0 By Maman

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menanda tangani MoU dengan ICCN dalam rangka program menjadi Limboto sebagai Kota Kreatif.

Hulondalo.id- Kuliner, fashion, musik kriya, budaya, dan pendidikan, menjadi subsektor unggulan di Kabupaten Gorontalo. Enam subsektor tersebut untuk mewujudkan Limboto sebagai Kota Kreatif yang diakui didunia.

“Ini adalah potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Gorontalo,” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Dibawah Bupati bergelar Profesor ini, Limboto tak pernah berhenti bertransformasi. Sebuah kota kecil disudut utara Pulau Sulawesi ini, kini perlahan namun pasti mensejajarkan diri menuju kota megapolitan yang madani.

Menggandeng Indonesia Creative City Networking (ICCN) Bupati Nelson, menargetkan, Limboto bisa mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Kota Kreatif.

“Ekosistem ekonomi kreatif sebagai pilar utama dalam kegiatan yang akan dikerjasamakan,” ungkap Bupati yang dihubungi usai menandatangani MoU dengan ICCN Rabu (4/12/2019).

Maksud baik Nelson Pomalingo ini, beroleh sambutan positif dari Ketua ICCN Fiki Satari, yang menyatakan siap membranding Limboto sebagai Kota Kreatif.

ICCN sendiri merupakan organisasi yang berkomitmen memajukan kota kreatif di Indonesia, dengan menjadikan gagasan kreatif yang melibatkan unsur pentahelix (birokrasi, akademisi, bisnis, komunitas dan media) dan kelengkapan infrastruktur sebagai penopang menuju kota kreatif dan maju.

Dilansir dari situs resmi ICCN (iccn.or.id), hingga kini ada 211 kota/kabupaten dibawah 11 koordinator daerah tergabung dalam ICCN.

Seperti diketahui bahwa sebelumnya, Komunitas Musisi Seniman Gorontalo pada tanggal 30 November 2019, menjadi penggagas mendeklarasikan Limboto sebagai Kota Kreatif bersama Pemkab Gorontalo. Komunitas tersebut, dipimpin Haris Tome. (Ika/Adv)