Energi Baru Terbarukan PLN di Gorontalo Utara, Tanam Lamtoro Butuh 600 Hektar

Energi Baru Terbarukan PLN di Gorontalo Utara, Tanam Lamtoro Butuh 600 Hektar

16/07/2020 10:52 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin menghadiri acara sosialisasi program EBT dari PLN di Desa Dunu Monano. (foto:hms)

Hulondalo.id – Lahan seluas kurang lebih 600 hektar dibutuhkan untuk merealisasikan program pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Gorontalo Utara, oleh PT. PLN. Langkah awal berupa sosialisasi kini sudah dimulai.

Lahan seluas itu kata Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin, akan menjadi lokasi penanaman pohon Lamtoro. Pohon ini diketahui merupakan bahan baku Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Rabu (15/7/2020) sosialisasi digelar di Desa Dunu Monano Gorontalo Utara, oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo bersama PT. PLN.

“Sosialisasi ini untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat, apa manfaat dari energi baru terbarukan ini,” ungkap Sekda.

EBT ini kata Sekda, nantinya akan memanfaatkan lahan masyarakat disamping untuk menanam kayu juga peternakan.

Lahan seluas kurang lebih 600 hektar dibutuhkan untuk merealisasikan program pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Gorontalo Utara, oleh PT. PLN. Langkah awal berupa sosialisasi kini sudah dimulai.

“Jadi ini manfaatnya sangat besar, selain bahan makanan dari ternak, kayunya di pakai untuk membakar pengganti batu bara khusus PLTU, saya kira ini bagus,” ujar Sekda.

Lahan yang dibutuhkan kurang lebih 600 hektar. Semoga lanjut Sekda akan dikembangkan bukan hanya 600 hektar saja. Sebab, ada warga di Sumalata yang meminta agar penanaman tersebut juga dilakukan di kecamatan tersebut.

Dari sisi ekonomi, Sekda menjelaskan dipastikan ekonomi masyarakat akan meningkat. Yang tadinya masyarakat selain menanam jagung, sekarang sudah menuju ke industri. Jagung tidak terabaikan, juga menanam kayu yang menjadi bahan baku dari PLTU itu sendiri.

“Program ini akan terus dilihat perkembangannya, apalagi ini sangat baik untuk memelihara debit air, Gorontalo Utara yang rawan banjir, semoga dengan penanaman ini akan meminimalisir banjir,” pungkasnya. (Prin/Adv)