Entrepreneur Goes To Campus, PoltekGo Gagas Kerjasama dengan Kadin Gorontalo

Entrepreneur Goes To Campus, PoltekGo Gagas Kerjasama dengan Kadin Gorontalo

29/09/2021 19:08 0 By Jeffry

Kerjasama antara PoltekGo bersama Kadin dan pengusaha industri di Gorontalo.

Hulondalo.id – Keberadaan kampus dalam melahirkan entrepreneur dinilai memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya hadirnya para entrepreneur ini diharapkan dapat turut berpartisipasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Langkah ini pun langsung diaplikasikan oleh Politeknik Gorontalo (PoltekGo) yang menggagas kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Gorontalo.

Kerjasama ini ditandai dalam penandatanganan MOU dalam acara Entrepreneur Goes To Campus yang dirangkaikan dengan launching Kick Star Bursa Kerja dan Kemitraan Usaha Kecil dan Menengah, di Aula Kampus PoltekGo, Rabu (29/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Wagub Gorontalo Idris Rahim yang hadir secara virtual mendorong agar peran pendidikan vokasi dapat dioptimalkan guna memberikan kontribusi bagi daerah.

Hal ini kata dia selaras dengan upaya Pemerintah daerah dalam menggaet investor lokal maupun luar negeri yang harus didukung dengan teknologi dan SDM yang kompeten agar lebih koefisien dan inovatif sehingga bisa berdaya saing.

“Menghadapi era digitalisasi kedepan, peran pendidikan vokasi seperti PoltekGo sangat dibutuhkan. Olehnya kolaborasi dengan pengusaha ini penting agar lebih profesional dan dapat diandalkan pada bursa kerja,” ujar Idris Rahim.

Dalam kerjasama ini juga, dirinya berharap kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi di Gorontalo dapat memberikan fasilitator dan akomodator juga dapat meningkatkan kualitas kerjasama baik dengan pemerintah maupun pelaku industri secara efektif dan efisien.

“Saya harapkan kepada pelaku industri terutama civitas akademika untuk berperan aktif dalam pengembangan kerjasama kemitraan pengusaha besar dan UMKM agar nanti berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta mengurangi angka pengangguran di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pengembangan SDM Provinsi Gorontalo Weni Liputo mengatakan, sebagai kampus binaan yayasan yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, PoltekGo diharapkan dapat terus konsisten melahirkan kreator -kreator yang siap berkarya.

“Sering perjalanan kampus PoltekGo, kami tentu memiliki tanggung jawab besar, bukan hanya menjadi pelopor, namun tetap konsisten dan melahirkan SDM yang mampu bersaing. Insya Allah melalui pembicaraan ini tidak hanya melahirkan para ilmuan, jenderal tapi juga kreator-kreator dan entrepreneur yang siap berkarya,” ucap Weni Liputo.

Terpisah, Ketua Kadin Provinsi Gorontalo Muhalim Litty mengatakan, bahwa kerjasama yang digagas ini nantinya akan diimplementasikan di seluruh kampus, agar nantinya setelah wisuda nanti para mahasiswa sudah siap untuk bekerja.

“Kita akan lakukan pendampingan, dan akan bersama-sama dengan pengusaha industri untuk dapat melibatkan para mahasiswa ini untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan. Jadi, tidak hanya teori namun dengan prakteknya langsung,” tandasnya.

Dalam kegiatan yang sama Wagub Idris Rahim juga meluncurkan secara resmi aplikasi ‘Tolopani’ yang merupakan aplikasi bursa kerja online hasil karya Politeknik Gorontalo.(Jeff)