Epidemiolog Gorontalo: Suksesnya PPKM Tergantung Partisipasi Masyarakat

Epidemiolog Gorontalo: Suksesnya PPKM Tergantung Partisipasi Masyarakat

10/07/2021 20:00 0 By Syakir

Hulondalo.id – Ahli Epidemiologi Zulfikar Ahmad mengatakan, langkah yang diambil oleh pemerintah untuk menerapkan PPKM di Gorontalo sudah tepat. Namun soal efektifitasnya, tergantung tata cara penerapan hingga partisipasi masyarakat.

Kata Zulfikar, pada prinsipnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hanya untuk menekan laju pertumbuhan kasus covid-19 untuk sementara waktu, bukan untuk mencegah atau memutus rantai penularan.

Selain penegakan disiplin selama PPKM, pemerintah juga, kata Zulfikar, harus terus meningkatkan kesadaran masyarakat agar peduli terhadap warga lain sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kita, terutama bagi orang yang berisiko tinggi.

“Terpenting masyarakat Gorontalo juga harus terus meningkatkan gerakan 5M sebagaimana himbauan pemerintah memutuskan mata rantai penularan Covid-19 ini,” ungkapnya kepada Hulondalo.id, Sabtu (10/7/2021).

Bisa jadi penularan virus sudah tinggi sebelumnya, sehingga saat pemberlakuan PPKM kasusnya menjadi meningkat.

“Penindakan tegas bagi masyarakat dalam beraktivitas, baginya, tidak cukup hanya dengan tegas dalam menegakkan disiplin, juga harus diiringi upaya lain,” jelasnya.

Dalam beberapa hari belakangan, dalam pantauan Hulondalo.id, satgas Covid-19 terus menghimbau kepada masyarakat Kota Gorontalo untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan aktivitas masyarakat dibatasi sampai pukul 21.00 WITA.

Dan, sampai saat ini kasus covid-19 terus meningkat, saat ini kasus positif Covid-19 berjumlah 319 dari total 6163 kasus. (Inkri)