Evaluasi Inflasi Triwulan III, Pemkot Gorontalo Jaga Kestabilan Harga

Evaluasi Inflasi Triwulan III, Pemkot Gorontalo Jaga Kestabilan Harga

24/11/2020 12:41 0 By Maman

Rakor TPID Kota Gorontalo

Walikota Gorontalo, Marten Taha memimpin rapat koordinasi TPID Kota Gorontalo. (foto:apris)

Hulondalo.id – Hingga Triwulan III tahun 2020, inflasi di Kota Gorontalo tercatat 0,21% (year on year/yoy), tetap masih terkendali di bawah sasaran tahunan sebesar 3% plus minus 1%.

Meski masih terkendali, Pemerintah Kota Gorontalo tetap berkomitmen menjaga inflasi dengan fokus terhadap sejumlah kebijakan.

Dalam rapat evaluasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemerintah Kota Gorontalo, Selasa (24/11/2020), Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, kebijakan pengendalian inflasi saat ini harus diarahkan untuk mencari titik keseimbangan sekaligus untuk memberikan stimulus kepada produsen agar tetap beroperasi.

“Pengendalian inflasi tidak bisa hanya fokus pada upaya pengendalian harga, tetapi juga harus diarahkan untuk memastikan terjaganya daya beli masyarakat, melalui penguatan perlindungan sosial dan dukungan terhadap sektor UMKM,” kata Walikota Marten Taha.

Rakor yang juga dihadiri Wakil Walikota Gorontalo, Ryan Kono, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo dan Bank Indonesia ini turut mengevaluasi perkembangan Inflasi Triwulan III, untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok, jelang perayaan Natal dan tahun baru 2021.

Seperti diketahui bahwa, sebelumnya untuk pertama kalinya Kota Gorontalo menerima penghargaan TPID berkinerja dengan baik Tahun 2020 di wilayah Sulawesi dari 81 kabupaten/kota.

“Penghargaan dan pencapaian prestasi ini bukan kita minta, tapi datang dari buah kerja sama seluruh anggota TPID, Forkopimda dan masyarakat,” ujar Marten.

Walikota juga menambahkan, untuk menjaga daya beli masyarakat dan memastikan kondisi perekonomian tetap stabil di tahun 2020, Pemerintah Kota Gorontalo berhasil mengendalikan inflasi pada angka 2,87% (yoy), dalam target kisaran nasional 3% plus minus 1%. (MG02)