Evaluasi Realisasi Program OPD Tahun 2019, Rata-rata Capai 90%

Evaluasi Realisasi Program OPD Tahun 2019, Rata-rata Capai 90%

07/01/2020 16:54 0 By Maman

Ketua Komisi 1 AW Thalib DPRD Provinsi Gorontalo memimpin rapat dengar pendapat bersama OPD Provinsi Gorontalo yang menjadi mitra kerja, Selasa (7/1) diruang Paripurna DPRD Provinsi Gorontalo.

Hulondalo.id- Diawal tahun 2020, realisasi program kerja mitra kerja OPD Komisi 1 DPRD Provinsi Gorontalo dievaluasi. Evaluasi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut, mengungkap banyak hal.

Ketua Komisi 1 AW Thalib mengatakan, sejumlah OPD telah menyampaikan laporan kerja yang telah direalisasikan pada tahun 2019. Berdasarkan laporan tersebut, rata-rata OPD kata dia, sudah menyelesaikan program kerja diatas 90%.

Meski begitu kata dia, Komisi 1 juga menyoroti kinerja OPD yang belum maksimal dalam merealisasikan sejumlah persoalan, diantaranya penyelesaian batas wilayah.

Juga kata A.W Thalib, terhadap upaya pemberantasan peredaran Miras yang menjadi penyakit masyarakat oleh OPD terkait. Namun, diakui A.W Thalib, salah satu penyebabnya adalah, jumlah personel OPD terkait yang masih minim.

Untuk OPD yang telah memaksimalkan realisasi program kerja maupu tugas-tugas selama tahun 2019 sepatutnya diberikan apresiasi. Salah satunya adalah Balai Diklat.

Sebab, Balai Diklat tidak hanya memberikan pelatihan bagi aparatur dalam daerah, tetapi juga telah memberikan pelatihan dan pendidikan bagi aparatur dari luar daerah seperti dari Provinsi Papua.

“Intinya semua OPD sudah menjalankan tugas, ada yang sudah maksimal, ada pula yang masih lambat”, jelas AW Thalib.

AW. Thalib berharap, ditahun 2020 ini seluruh OPD mampu meningkatkan kinerjanya lebih maksimal lagi. (Rinto/Adv)