Fenomena Tingginya Angka Perceraian di Gorontalo, Apa Sih Penyebabnya?

27/07/2019 10:53 0 By Admin1

Hulondalo.id – Persoalan rumah tangga hingga berujung pada perceraian, kian menambah catatan perkara angka perceraian di Pengadilan Agama (PA) Kota Gorontalo.

Jika melihat perceraian sepanjang tahun 2018 khusus di Kota Gorontalo saja menunjukkan angka yang tidak sedikit. Angkanya mencapai 1.000 perkara perceraian. Masing-masing terdiri dari perkara cerai gugat jumlahnya 738, dan perkara cerai talak 262 perkara.

Kepada Hulondalo.id, Panitera PA Kota Gorontalo Gorontalo Taufik H. Ngadi mengatakan, saat ini saja berdasarkan laporan perkara yang masuk di PA Gorontalo, periode 1 Januari sampai 25 Juli 2019, sudah tercatat ada 314 perkara cerai gugat yang diajukan sang istri dan 91 perkara cerai talak yang diajukan suami.

“Jadi, jika ditotalkan sudah ada 405 perkara yang masuk di PA Gorontalo untuk Tahun 2019 ini,” ungkap Taufik.

Dia menjelaskan pula, ada beberapa faktor dominan yang menjadi penyebab terjadinya perceraian rumah tangga tersebut. Antara lain, perselisihan dan pertengkaran terus menerus-menerus dengan jumlah 192 perkara.

Meninggalkan salah satu pihak ada 80 perkara, lalu faktor ekonomi 22 perkara, dan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) ada 9 perkara.

“Inilah faktor-faktor yang mendominasi penyebab perceraian rumah tangga di tahun 2019,” kata Taufik.

Melihat data tersebut, Taufik berharap, untuk setiap pasangan suami istri yang memiliki persoalan dalam rumah tangga, sekiranya dapat dibicarakan secara musyawarah dan diselesaikan dengan baik, sehingga tidak berujung meja hijau Pengadilan Agama.(Rinto)

loading...