Festival Pesona Saronde 2020, Momentum Bangkitnya Perekonomian Gorontalo

Festival Pesona Saronde 2020, Momentum Bangkitnya Perekonomian Gorontalo

17/09/2020 17:13 0 By Maman

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menyampaikan sambutan sekaligus membuka Festival Pesona Saronde tahun 2020. (foto:prin)

Hulondalo.id – Pelaksanaan Festival Pesona Saronde tahun 2020, bisa menjadi momentum bangkitnya perekonomian di Gorontalo Utara maupun Provinsi Gorontalo, ditengah pandemi Covid-19.

“Saat ini, seluruh dunia maupun Indonesia termasuk Gorontalo, fokus pada bagaimana pemulihan perekonomian masyarakat,” kata Bupati saat memberikan sambutan sebelum membuka Festival Pesona Saronde tahun 2020, Kamis (17/9/2020).

“Salah satu upayanya dengan membangkitkan kembali pariwisata di tanah air, termasuk yang ada di Gorontalo Utara melalui festival pesona saronde ini, semoga momen festival ini berbarengan dengan bangkitnya perekonomian masyarakat,” sambungnya.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin melepas penyu, bagian dari Kampanye Penyelamatan Terumbu Karang dan Penyu bagian dari acara Festival Pesona Saronde tahun 2020. (foto:prin)

Masyarakat lanjut Bupati, terlihat begitu gembira dengan dibukanya festival ini. Khususnya para pelaku ekonomi mikro. Transaksi jual beli makin terasa dengan para pengunjung, demikian juga transportasi laut.

Selama ini, pendapatan mereka kata Bupati, turun drastis kurang lebih 4 hingga 5 bulan. Bupati berharap, semoga festival ini, ketahanan ekonomi masyarakat mulai tumbuh kembali. Diakui Bupati dua periode ini juga, dukungan dari Kementerian Pariwisata RI terhadap festival ini.

Seperti diketahui bahwa, Festival Pesona Saronde tahun 2020, masuk dalam daftar 100 kalender of event nasional Kementerian Pariwisata. Ini juga sebagaimana disampaikan kementerian melalui Kepala Subdirektorat Penyelenggaraan Kegiatan Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Cecep Setia.

Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Gorontalo, Syarif Mbuinga juga hadir memimpin penyelaman masal dan pembentangan spanduk pelestarian terumbu karang. (foto:prin)

“Sesuatu yang tidak mudah untuk masuk pada 100 besar kegiatan kementerian pariwisata tersebut, Alhamdulillah, Gorontalo Utara masuk, dan tentu ini upaya pemerintah sebagaimana juga penyampaian dari DPRD Gorontalo Utara akan memberikan perhatian dari sisi anggaran,” ujar Bupati.

Bupati juga berharap, kehadiran Kementerian Pariwisata di festival ini, juga bisa melihat langsung potensi yang ada sekitar pulau saronde untuk kedepan bisa memberikan perhatian lebih, karena pariwisata sudah menjadi prioritas pembangunan oleh pemerintah.

“Kedepan, pariwisata menjadi salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia,” kata Bupati. (Prin/Adv)