Festival Saronde 2021 Dihadiri Tak Lebih dari 200 Orang, Wajib Vaksin Dosis Kedua

Festival Saronde 2021 Dihadiri Tak Lebih dari 200 Orang, Wajib Vaksin Dosis Kedua

14/09/2021 08:23 0 By Maman

Forkopimda Festival Saronde 2021

Plh. Sekda Gorontalo Utara, Sulema Lakoro saat memimpin Rapat Persiapan Festival Saronde 2021 bersama Forkopimda. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Pelaksanaan Festival Saronde Tahun 2021 akan menerapkan Protokol kesehatan (Protkes) secara ketat. Jumlah pengunjung kata Plh. Sekda Gorontalo Utara, Suleman Lakoro, tak lebih dari 200 orang dan harus memenuhi persyaratan yakni, sudah divaksin dosis kedua.

Suleman mengatakan, penerapan Protkes secara ketat ini dilakukan, mencegah kejadian seperti festival yang terjadi di daerah lain yang melanggar Protkes, sehingga berurusan dengan pihak yang berwajib.

“Kita upayakan festival yang masuk dalam 100 kalender of event ini yang juga agenda nasional ini kita laksanakan sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya usai menggelar rapat persiapan Festival Saronde 2021 bersama unsur Forkopimda, diruang Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Senin (13/9/2021).

Hasil keputusan rapat kata Suleman, sebelumnya festival akan dirangkaikan dengan FGD Badan Kerja Sama Utara-utara di Pulau Mohinggito. Namun atas pertimbangan cuaca, maka acara FGD digabungkan di Pulau Saronde.

Untuk memenuhi protkes lanjut Suleman, juga sudah didiskusikan bahwa kapasitas pengunjung Pulau Saronde itu kurang lebih 400 orang. Mengacu Instruksi Mendagri tentang PPKM, kapasitasnya harus 50%. Sehingga yang diundang hanya 200 orang.

“200 pengunjung ini harus memiliki sertifikat vaksin dosis kedua, ini sudah disyaratkan oleh panitia, semua pengunjung juga menggunakan id card,” jelasnya.

“Dari 200 itu kita akan bagi peserta festivalnya kemudian masyarakat umumnya ada pedagangnya, ada semua unsur, pokoknya tidak melebihi 200 orang, kami khawatir jangan sampai kita melanggar Protkes,” sambungnya.

Suleman menambahkan, Festival Saronde ini juga akan dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian. Siapa saja kata Suleman, akan disambut dengan adat Mopotilolo di pelabuhan Kwandang. (Prin/Adv)