Festival Tumbilotohe 2019 Dipastikan di Talumelito, Fory: 70 % Lampu Tradisional

Festival Tumbilotohe 2019 Dipastikan di Talumelito, Fory: 70 % Lampu Tradisional

31/05/2019 01:49 0 By Maman

Dokumentasi HUMAS PKK Kabupaten Gorontalo pada Pelaksanaan Tumbilotohe Tahun 2018. (Foto: Irfan Mohamad).

Hulondalo.id – Pelaksanaan Festival Tumbilotohe tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo, dipastikan akan dipusatkan di Desa Talumelito. Desa ini juga merupakan desa konservasi budaya Kabupaten Gorontalo.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Tumbilotohe kerap digelar di Pakaya Tower dan Pentadio Resort. Tumbilotohe merupakan bagian dari budaya di Gorontalo yang sudah turun temurun. Tak salah jika pelaksanaanya digelar di desa tersebut.

Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway mengatakan, pelaksanaan Festival Tumbilotohe 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo ini, kerjasama antara Dinas Disporapar Kabupaten Gorontalo dan TP PKK Kabupaten Gorontalo.

Sejumlah kegiatan juga akan digelar antara lain, lomba festival tumbilotohe antar kecamatan, festival tumbilotohe antar komunitas, festival tumbilotohe antar individu atau perorangan atau per rumah tangga.

Tak cuma itu, Fory mengatakan, akan digelar juga Festival Bunggo, yang diikuti utusan kecamatan dan perorangan. Berikutnya juga ada Festival Tumbilotohe antar dasa wisama se Kabupaten Gorontalo.

Masih dilokasi yang sama kata Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo ini, akan digelar Festival Fashion, Lomba Azan, Lomba Kultum, Lomba Ngadi Unu-Unungo.

“Semua kegiatan tersebut, merupakan kerjasama antara Dinas Disporapar dan PKK Kabupaten Gorontalo,” kata Fory.

Fory juga menyampaikan, pelaksanaan festival tumbilotohe ini juga, kental dengan upaya pihaknya untuk mempertahankan adat. Karenanya, TP PKK Kabupaten Gorontalo juga menginisiasi Lomba Arkus.

“Pada intinya tahun ini lebih dititik beratkan 70 % tradisonal dan 30 % lampu pendukung, baik itu tohe tutu, padamala, tohe wamuta dan sisanya lampu pendukung,” ungkap Fory

Ia berharap, Ketua PKK dimasing – masing desa dan kecamatan juga mensuport dan mendukung kegiatan ini.

Fory juga berharap, kegiatan tahun ini akan berbeda pelaksanaannya dengan tahun – tahun kemarin. Masyarakat baik itu desa, dasa wisma dan organisasi perempuan lainnya, juga diharapkan berperan aktif mensukseskan Festival Tumbilotohe tahun ini. (ika)