Filipina-Gorontalo Akan Perdalam Kerjasama Bisnis Komoditas Pangan

Filipina-Gorontalo Akan Perdalam Kerjasama Bisnis Komoditas Pangan

21/10/2019 22:23 0 By Alex

Tim Advance Konsulat Jenderal Filipina di Manado melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo di ruang Huyula Kompleks Gubernur Gorontalo, Senin (21/10/2019). (F. Gina/Humas)

Hulondalo.id – Sejumlah pengusaha dari Filipina akan bertemu dengan puluhan pengusaha asal Gorontalo dalam rangka meningkatkan bisnis dan perdagangan kedua belah pihak.

Rencananya, pertemuan tersebut akan diselenggarakan di rumah dinas Gubernur Gorontalo pada 30 Oktober 2019 mendatang.

Sebelumnya, selama ini hubungan bisnis antara Filipina dengan Gorontalo sudah berjalan dengan baik. Terutama tentang ekspor jagung Gorontalo ke negeri Mutiara Laut Orien itu.

Dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2018 lalu ekspor jagung Gorontalo ke Filipina mencapai 90 Ribu Ton atau senilai USD 24.019.225,-.

Namun rencananya, tidak hanya jagung saja yang menjadi fokus pertemuan sejumlah pengusaha itu. Ada juga beberapa produk lainnya yang akan ditingkatkan kerjasamanya. Mulai dari kelapa, tuna dan produk-produk pangan lainnya dari Gorontalo.

Bahkan, dari pertemuan tersebut juga akan diselenggarakan pameran komoditi pangan, baik dari Filipina dengan Gorontalo.

“Iya benar. Rencananya pertemuan itu diadakan tanggal 30 Oktober 2019 nanti di rumah dinas Gubernur Gorontalo. Kami perkirakan dimulai pagi acaranya,” ungkap Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Provinsi Gorontalo, Sutan Rusdi.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Konsulat Jenderal Filipina, Manuel C Ayap. Menurutnya, Filipina dan Gorontalo memiliki banyak kesamaan segi komoditas. Olehnya, selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, Filipina menganggap Gorontalo layak dan potensial untuk ditingkatkan kerjasamanya menjadi mitra bisnis.(adv/alex)