FIP UNG Resmikan PKPD dan P3D, Ini Tugas dan Fungsinya

FIP UNG Resmikan PKPD dan P3D, Ini Tugas dan Fungsinya

03/06/2021 14:49 0 By Maman

FIP UNG

Gedung FIP UNG.

Hulondalo.id – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), resmi me-launching dua lembaga yang bernaung dibawah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Dua lembaga tersebut yakni, Pusat Keunggulan Pendidikan Dasar (PKPD) dan Pusat Penerbitan Pendidikan (P3D). Kedua lembaga ini juga merupakan pusat keunggulan pertama yang resmi berdiri di UNG.

Ketua Jurusan PGSD, Dr. Candra Cuga, M.Pd, mengatakan, lembaga ini dibentuk untuk mendukung penelitian dan publikasi. Tugas dan fungsi keduanya juga memiliki perbedaan.

“Untuk PKPD, memiliki tugas dan fungsi mewadahi riset-riset unggulan dan inovasi, sekaligus memfasilitasi diseminasi hasil riset, database dan kolaborasi penerapan kebijakan yang relevan dengan pendidikan dasar,” jelas Chandra.

Fungsi lain yang dilakukan lembaga ini kata Chandra, membangun kemitraan produktif antar lembaga PGSD dan Lembaga Pemerintah, serta sektor privat secara lokal dan nasional.

Kemudian kata dia juga, untuk memperkuat kemitraan bidang publikasi, best partices dan pelatihan-pelatihan.

“PKPD akan mewadahi pengembangan bidang keilmuan pendidikan dasar dalam merespon perubahan-perubahan global yang berdampak ditingkat lokal dan regional,” kata Chandra.

Sedangkan untuk P3D, lembaga tersebut bertugas mewadahi perluasan publikasi ilmiah yang fokus pada kajian pendidikan dasar dan kebudayaan.

“Selain itu P3D akan memfasilitasi penerbitan dan publikasi hasil riset, buku, monograf dan policy paper pendidikan dasar. Kemudian membangun kemitraan penerbitan dan penguatan kapasias Jurusan PGSD dalam bidang publikasi ilmiah serta promosi kegiatan tridharma,” pungkasnya. (Inkri/Adv)