Fory: Ikan Bisa Penuhi 2/3 Kebutuhan Protein

Fory: Ikan Bisa Penuhi 2/3 Kebutuhan Protein

06/12/2019 20:40 0 By Maman

Ketua Forum Makan Ikan (Forikan) Kabupaten Gorontalo Fory Naway dalam acara sosialisasi Gemar Makan Ikan. (hms)

Hulondalo.id- Tingginya kandungan gizi dan protein dalam ikan, serta harganya yang terjangkau menjadikan ikan sebagai salah satu menu makanan favorit dari berbagai kalangan. Rasanya tak lengkap bila tak ada ikan pada hidangan di meja makan.

Ketua Forum Makan Ikan (Forikan) Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Nawai mengatakan, selain mengandung gizi dan protein, kandungan omega 3 pada ikan, sangat baik untuk pertumbuhan otak dan meningkatkan kecerdasan.

“Jika ingin menjadi pintar dan cerdas maka harus makan ikan,” ucap Fory yang aktif mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak tahun 2017.

“Ikan juga dapat memenuhi kebutuhan gizi dan protein,” tambah Bunda Paud tersebut.

Hasil penelitian juga mengungkap, ikan dapat menyediakan 2/3 protein hewani yang dibutuhkan manusia. Salah satu fungsi protein adalah, menumbuhkan kembali sel dan jaringan yang baru untuk menggantikan yang rusak.

Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh (omega, yodium, fluorida, zat besi, magnesium, zync, taurin, coenzyme Q10). Tak hanya itu, ikan juga mengandung senyawa PUFA, EPA dan DHA. (Ika/Adv)