Fraksi BTI Soroti Target PAD

Fraksi BTI Soroti Target PAD

26/04/2019 23:12 0 By Yadin

Ketua Fraksi BTI Yunus A Usman.

Hulondalo.id – Fraksi Bhinneka Tunggal Ika (BTI) menyoroti soal Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

Ketua Fraksi BTI Yunus A Usman mengatakan, target PAD yang dicapai oleh pemerintah daerah mencapai 97,81 persen. Namun, angka tersebut menurut Yunus, belum mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk itu, inilah yang harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah untuk terus meningkatkan berbagai upaya agar target yang telah ditetapkan akan tercapai.

“Kami memberikan pandangan terhadap beberapa hal berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah daerah sebagaimana yang tertuang dalam LKPJ tahun 2018. Dalam kesempatan ini kami berharap dengan capaian PAD di tahun 2018 kemarin, dapat ditingkatkan lagi di tahun 2019 ini. Tentu dengan berbagai upaya agar target yang telah ditetapkan bisa tercapai bahkan terlampaui,” kata Yunus saat menyampaikan pandangan fraksi dalam rapat paripurna penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk tahun anggaran 2018, Rabu (24/4/2019).

Nah dalam rangka meningkatkan jumlah pendapatan daerah lanjut politisi PKB ini, pemerintah daerah harus menseriusi permasalahan yang ada diantaranya optimalisasi pajak retribusi daerah serta realisasi pendapatan asli daerah. “Mencermati besaran angka yang menjadi target PAD dan retribusi, kita semua menyadari bahwasanya pajak daerah dan retribusi daerah peruntukannya untuk menunjang daerah dalam melaksanakan berbagai program, termasuk program perbaikan infrastruktur daerah. Untuk itu kami Fraksi Bhineka Tunggal Ika mendorong kepada pemerintah daerah untuk dapat melakukan opimalisasi kepada satuan kerja perangkat daerah yang memiliki tupoksi selaku SKPD pemungutan atau penerima pendapatan daerah dalam melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi,” pinta Yunus. (dhin)